Hindari Operasi Zebra, Pengendara di Polman Putar Arah dan Menelepon Kerabat

POLEWALI,- Hari pertama pelaksanaan Operasi Zebra, yang digelar personil Satuan Lalu Lintas Polres Polewali Mandar, di Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Lantora, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu (23/10/19), diwarnai sejumlah trik nakal pengendara agar terhindar dari razia.

Selain memutar arah dan nekat berkendara melawan arus, tidak sedikit pengendara yang memilih melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki, sambil membawa helm.

Pengendara lainnya mencoba merayu polisi, hingga menelepon kerabatnya untuk menjadi bekingan, dengan harapan sepeda motornya yang terjaring razia dilepaskan polisi.

Beruntung polisi tidak kalah lihai membaca trik nakal para pelanggar lalu lintas tersebut, mereka yang terjaring razia hanya dapat gigit jari lantaran tetap diberi surat tilang.

Pada pelaksanaan operasi zebra hari ini, polisi mengeluarkan sedikitnya 27 set surat tilang untuk pelanggar lalu lintas.

“ Untuk hari ini ada 27 tilang yang diberikan kepada pengendara yang terjaring, sasaran kita adalah kelengkapan kendaraan para pengendara, yang paling banyak kita dapati adalah pengendara yang tidak memiliki surat izin mengemudi “ jelas Kepala Urusan Pembinaan Operasi Lantas Polres Polewali Mandar, IPTU Suyanto kepada wartawan.

Selama operasi berlangsung, polisi juga memberikan peringatan keras kepada warga yang sepeda motornya menggunakan knalpot tidak standar, hingga mengeluarkan suara bising.

Operazi Zebra yang rencananya berlangsung selama 14 hari, hingga tanggal 5 November 2019 mendatang,  digelar untuk meningkatkan keamanan, ketertiban serta kelancaran berlalu lintas. Di samping itu, operasi dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas. (Thaya)

__Terbit pada
23/10/2019
__Kategori
Peristiwa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.