Kapolres Polman AKBP Anjar Purwoko ikut memotong tumpeng dalam perayaan HUT ke 79 TNI di Kodim 1402/Polman, Sabtu (05/10/2024). ist

Kodim 1402/Polman Gelar Upacara dan Makan Bersama Warga Rayakan HUT ke 79 TNI

POEWALI MANDAR, – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, dilakukan dengan acara makan bersama warga.

“Kita makan bersama menunjukkan bahwa tidak ada sekat antara bawahan dan atasan serta masyarakat umum. Menunjukkan bahwa TNI Lahir dari rakyat dan untuk rakyat,” kata Dandim 1402/Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan dalam keterangannya, Sabtu (05/10/2024).

Kegiatan berlangsung di lapangan upacara Kodim 1402/Polman, Kelurahan Madatte, Kecamatan Polewali, Sabtu (05/10).

Diawali dengan upacara peringatan HUT ke 79 TNI yang mengusung tema ‘TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju’.

Upacara berlangsung sederhana dan hikmad. Dihadiri Forkopimda Polman, sejumlah Purnawirawan dan masyarakat.

Dandim 1402/Polman Letkol Czi Sabar Chandra Gufta Panjaitan bertindak sebagai pemimpin upacara.  Pada kesempatan itu, Dandim membacakan amanat Panglima TNI.

Dalam amanat disampaikan bahwa tema peringatan HUT TNI sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern, dan Adaptif, dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut, yaitu bahwa Prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara memiliki peran dan tanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan  Indonesia Maju,” ucap Letkol Sabar saat membacakan amanat Panglima TNI.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan makan bersama. Pihak Kodim 1402/Polman sengaja menghadirkan sebuah gerobak bakso dan sejumlah pelaku UMKM, yang menawarkan makanan secara gratis.

“Dengan kegiatan ini, kita berharap dapat meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM. Sekaligus menunjukkan bahwa TNI semakin dicintai oleh rakyat,” tandas Letkol Sabar.

Dandim juga menyampaikan terima kasih kepada Forkopimda dan seluruh peserta masyarakat yang hadir memeriahkan HUT ke 79 TNI.

“Ini menunjukkan sinergitas antara TNI, Polri serta pemerintah daerah di Polewali Mandar,” pungkas Letkol Sabar. (zik/thaya)

 

 

 

__Terbit pada
05/10/2024
__Kategori
Polhukam, Sosial