Calon Bupati Polman Dirga Adhi Putra Singkarru saat memaparkan sejumlah program di Dusun Batu Papan, Desa Duampanua, Kecamatan Anreapi, Sabtu (05/10/2024). ist

Bermalam Minggu di Anreapi, DIGASKAN Beberkan Solusi Atasi Persoalan Pupuk di Polman

POLEWALI MANDAR,- Pasangan calon bupati dan wakil bupati Polewali Mandar (Polman) Dirga Adhi Putra Singkarru dan Iskandar Muda Baharuddin Lopa, kembali membeberkan rencana membangun pabrik pupuk di Kabupaten Polman. Keberadaan pabrik itu dianggap penting untuk mengatasi persoalan kelangkaan pupuk yang kerap dirasakan para petani di daerah ini.

Hal tersebut utarakan Dirga menjawab keluhan warga saat menggelar program ‘Curhat Kampung’, di Dusun Batu Papan, Desa Duampanua, Kecamatan Anreapi, Sabtu (05/10/2024).

Program Curhat kampung ini merupakan suatu wadah diskusi untuk menyerap aspirasi dengan tujuan untuk mendengar keluh kesah dari masyarakat.

“Kalau memang tidak bisa pabriknya minimal distributor utamanya ada di Polman, dengan adanya pabrik pupuk tersebut sehingga bisa mengatasi kelangkaan pupuk untuk membantu petani sawah maupun petani kakao sehingga dengan adanya pabrik pupuk di Polman juga bisa membuka lapangan kerja di Polman dan bisa mengurangi angka pengangguran,” ungkap Dirga.

Dirga optimis bisa mewujudkan niat membangun pabrik pupuk jika berhasil memenangkan Pilkada Polman 2024. Sebab diakui, dirinya memiliki jaringan luas di Jakarta baik itu di kalangan Kementerian BUMN, Kementerian Pertanian maupun Dirjen.

“Alhamdulillah kuliah S1 san S2 saya di luar negeri, sehingga saya banyak teman dan jaringan di pusat yang bisa membantu saya jika terpilih menjadi Bupati. Saya tinggal telepon teman- teman di Kementerian Pertanian atau BUMN,” bebernya.

Dirga juga menyebut wakilnya Iskandar Muda Baharuddin Lopa merupakan mantan anggota DPD RI dapil Sulbar selama tiga periode yang pasti juga memiliki jaringan di pusat.

“Pak Iskandar ini pernah menjadi senator tiga periode atau 15 tahun di pusat, pasti beliau juga banyak teman atau jaringan di Kementerian atau Dirjen,” jelasnya.

Selain itu, Dirga juga mengatakan memiliki ada dua orang adik kandung yang duduk sebagai anggota DPR RI dan DPD RI di Pusat yakni Ratih Megasari Singkarru dan Andri Prayoga Singkarru yang juga bisa membantunya dalam bekerja.

Dirga mengatakan, jika terpilih memenangkan Pilkada Polman, paslon ini akan memajukan sektor pertanian untuk mensejahterakan kalangan petani. Dia juga akan menyelesaikan berbagai persoalan di sektor pertanian seperti mengatasi kelangkaan pupuk, pestisida, masalah irigasi, hama serta menyediakan bibit unggul pertanian.

“Jika terpilih menjadi Bupati Polewali Mandar, ke depan kita harus menjadi sahabat petani mengingat posisi wilayah Sulbar khususnya di Polman sangat strategis berada di depan ibukota Nusantara (IKN),” terangnya.

Dirga juga mengaku akan melakukan restorasi data dari tingkat bawah, untuk memudahkan digitalisasi faktual lapangan sehingga datanya betul-betul valid sehingga bisa sinkron sesuai dengan jumlah kuota yang dibutuhan oleh petani.

“Supaya datanya akurat karena biasanya jumlah kelompok tani di lapangan tidak sesuai dengan jumlah data di dinas terkait sehingga tidak ada lagi ketimpangan disitu,” tandasnya.

Dia juga berjanji akan meningkatkan pengawasan pendistribusian pupuk subsidi ini agar tidak dimainkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab beberapa waktu lalu jatah pupuk subsidi untuk petani di Polman justru diperjualbelikan ke luar daerah daerah seperti kabupaten Bone dan Mamuju Tengah. (rls)

__Terbit pada
06/10/2024
__Kategori
Politik