Paslon Digaskan menggunakan rakit menyeberangi sungai menuju Desa Kalumammang, Kecamatan Alu, Kabupaten Polman, Sabtu (27/10/2024). (ist)

Naik Rakit ke Pelosok, DIGASKAN Janji Tingkatkan Infrastruktur Jalan-Jembatan Jika Terpilih di Pilkada Polman

POLEWALI MANDAR,- Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Polewali Mandar (Polman) nomor urut empat Dirga Adhi Putra Singkarru – Iskandar Muda Baharuddin Lopa (Digaskan) berjanji akan meningkatkan infrastruktur jalan dan jembatan menuju Desa Kalumammang, Kecamatan Alu jika memenangkan Pilkada Polman.

Menurutnya, infrastruktur yang baik tidak hanya dapat mendukung aktifitas warga tetapi juga untuk meningkatkan perekonomian.

Hal tersebut disampaikan pasangan Digaskan saat berkampanye di Desa Kalumammang. Kecamatan Alu, Sabtu (28/10/2024).

Untuk mencapai desa tersebut, pasangan Digaskan bersama rombongan harus berjuang melintasi sejumlah sungai menggunakan rakit bambu. Perjalanan yang diawali dari jalur Petoosang belum dapat dilalui kendaraan roda empat karena melintas sejumlah sungai.

Setelah menyeberangi sungai, perjalanan menuju lokasi kampanye dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor.

Ratusan warga yang telah menunggu kedatangan pasangan Digaskan, langsung bertepuk tangan saat melihat rombongan tiba di lokasi.

“Digaskan nomor empat. Gasspoll..!! Dirga – Iskandar bupatiku,” teriak beberapa warga sambil tepuk tangan.

“Karena sudah ada beberapa jembatan yang dilalui sudah rusak dan hancur disapu banjir, nanti lita lihat teknisnya seperti apa, kalau memang bisa jembatan gantung kita akan buat seperti itu,” kata sarjana S2 lulusan Manchester University Inggris ini.

Selain infrastruktur jalan, Dirga – Iskandar juga memaparkan program kerjanya yakni akan meningkatkan sektor perkebunan dan memudahkan pupuk subsidi agar tidak langka.

Dirga Iskandar juga akan meningkatkan pelayanan dan kesehatan kepada masyarakat dengan cara seluruh masyarakat bisa tercover memilki kartu BJPS kesehatan dan akan menambah armada mobil ambulans setiap Puskesmas karena biasanya jika ada warga yang sakit mereka terpaksa harus ditandu selama dua jam menuju ke pusat pelayanan kesehatan terdekat.

Dirga Singkarru mengaku perjalanan menuju ke Kalumammang ini nuansanya jadi beda dan seru karena menjadi tantangan tersendiri saat menyeberangi sungai menggunakan rakit bambu karena selama ini ia bersama pasangannya selalu naik mobil menuju lokasi kampanye.

“Ini pengalaman yang tidak terlupakan dan justru kami berkunjung kami jadi tahu inti pokok pembangunan kedepan di desa ini seperti apa,” Kata Dirga.

Sementara itu wakilnya Iskandar Muda Baharuddin Lopa  mengatakan, Desa Kalumammang ini menjadi cerminan bahwa bagaimana di wilayah Polman ini masih ada wilayah terpencil dan terisolir.

Sehingga kata Iskandar, prioritas pembangunan kedepan untuk daerah terpencil ini adalah perbaikan infrastruktur, layanan pendidikan, layanan kesehatan agar Desa Kalummang ini tidak tertinggal dan ada kemajuan dari desa lainnya.

“Pembangunan harus perlu direncanakan dengan baik dan matang dan disesuaikan dengan anggaran yang ada, tapi yang pasti bahwa pembangunan itu harus betul-betul berkualitas sesuai denga apa yang kita harapkan agar bisa berguna dan bermanfaat dalam jangka waktu yang lama. jangan hanya dibangun 1 atau 2 tahun lalu sudah rusak dan roboh lagi,” tegas Iskandar. (rls)

__Terbit pada
27/10/2024
__Kategori
Politik