Warga Mapilli Gelar Tradisi Melluas di Sungai Maloso

MAPILLI ,- Ratusan warga Dusun Parredeang, Desa Kurma, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, menggelar tradisi Melluas (dalam bahasa Indonesia sama dengan membersihkan diri ), Minggu pagi (15/09/19). Tradisi ini digelar sebagai wujud rasa syukur setelah warga di daerah ini menggelar panen raya.

Tradisi yang telah digelar warga secara turun temurun setiap tahunnya ini, diawali dengan aktifitas menghanyutkan aneka makanan, seekor ayam hingga sejumlah uang ke Sungai Maloso. Makanan, ayam dan uang  tersebut disimpan di atas wadah berbahan batang pisang. Makanan yang dihanyutkan menjadi rebutan warga lainnya yang telah menuggu di arah hilir sungai, sekitar 200 meter dari lokasi tradisi melluas digelar.

Usai melarung makanan, warga kemudian menggelar doa bersama di bantaran sungai maloso, kemudian menyantap aneka macam makanan yang telah disiapkan dari rumah masing-masing.

Puncak tradisi ini ditandai dengan aktifitas ratusan warga yang bersama sama turun ke sungai untuk melluas atau membersihkan diri.

“ Ini kita syukuran karena sudah setiap tahun kita melakukan ini khususnya setelah panen, namanya melluas, selain wujud syukur juga  untuk membersihkan diri menghilangkan yang kotor dan membuang sial “ pungkas tokoh masyarakat setempat, Mahmuddin.

Berdasarkan pantauan wartawan, selama melluas berlangsung, ratusan warga baik pria dan wanita , tua maupun muda tampak larut dalam suasana suka cita bermain air di dalam sungai. (Thaya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.