Totalitas pendukung berat kesebelasan Argentina di Desa Karama, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, cat rumah dan jalanan dengan warna yang identik warna Argentina.

Totalitas untuk Argentina, Jalanan Dicat sampai Puasa Nazar

FANATISME salah satu pendukung Tim Argentina pada Piala Dunia 2022, Muhammad Yusuf alias Pua Raju, warga Manjopai, Desa Karama bisa disebut totalitas dengan aneka cara. Pua Raju tidak hanya menyulap rumahnya menjadi “rumah Argentina.” Jalanan di depan rumahnya pun dicat dengan warna khas Tim Tango biru muda, untuk menyambut partai final Argentina – Prancis. Dua kali juga melakukan puasa nazar dalam sepekan kemarin untuk kemenangan skuad Lionel Messi menuju final Piala Dunia, Qatar.

Jumat 16 Desember sore, hujan masih agak deras saat saya bertandang ke rumahnya di Manjopai, Desa Karama, Kecamatan Tinambung. Pua Raju tengah mengaduk cat sambil menunggu hujan reda. Ia sudah menghabiskan dua kaleng cat lima kilogam mengecat area jalanan sekira 12×8 meter di depan rumahnya. Katanya, masih perlu penebalan cat supaya warnanya merata dan tidak mudah pudar.

“Sudah dua kali saya cat, masih (perlu) satu kali lagi penebalan. Supaya warnanya merata dan tidak mudah pudar. Cuma tadi ini saya istirahat karena hujan,” jelas Pua Raju. Ia menyebut harga cat lima kilogram Rp260 ribu satu kaleng.

Muhammad Yusuf alias Pua Raju, pendukung Tim Argentina di Desa Karama, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar.

Totalitas Pua Raju untuk kemenangan Argentina dilakukan dengan puasa nazar yang diniatkan sebelum pertandingan Argentina-Belanda di perempatfinal, lalu sebelum  pertarungan Argentina – Kroasia di semifinal. Penggemar fanatik Argentina sejak era Diego Maradona itu, sudah bernazar puasa berniat juga untuk kemenangan Argentina melawan Prancis di putaran final, Ahad 18 Desember malam.

“Sebelum perempat final melawan Belanda, saya sudah berniat puasa kalau Argentina menang. Sebelum (Argentina) melawan Kroasia di semifinal, saya niatkan lagi puasa. Alhamdulillah semua menang, jadi sudah dua kali saya puasa. Insya Allah akan puasa lagi jelas Pua Raju.

“Insya Allah Argentina juara, Messi akan bawa pulang trophy Piala Dunia 2022, saya akan puasakan kemenangan Argentina nanti,” imbuhnya.

Menyambut laga pamungkas Piala Dunia 2022 antara Argentina-Prancis, pendukung Timnas Argentina sejak zaman Diego Maradona itu menyatakan akan berjalan kaki dari Manjopai ke Camba-camba, Kecamatan Limboro untuk menemui cucunya yang lahir menjelang laga Argentina – Polandia di putaran 16 besar, 30 November. Karena kekagumannya pada sosok Lionel Messi dan berharap cucu pertamanya itu kelak menjadi pemain sepak bola yang hebat, Pua Raju menyebut nama Messi untuk sang cucu.

“Saya sudah niatkan berjalan kaki ke Camba-camba untuk mencium cucu saya di sana. Dia kebetulan lahir menjelang pertandingan Argentina – Polandia, makanya dinamai Messi,” jelas Pua Raju bernada bangga.

“Semua kemungkinan bisa terjadi karena bola bundar, tapi saya sangat yakin Messi akan leading menaklukan Prancis. Tapi saya tidak pernah terpikir Argentina kalah,” tukas Pua Raju, menanggapi kemungkinan trophy Piala Dunia 2022 diboyong tim Les Bleus, Prancis. (emdanial)

__Terbit pada
18/12/2022