Fans Timnas Argentina, Muhammad Yusuf menunjukkan pikellu yang dibawanya saat menunaikan nazar berjalan kaki ke rumah menantunya di Kelurahan Limboro, Kecamatan Limboro, Kabupaten Polewali Mandar, Seasa (20/12/2022).

Euforia Penggemar Argentina, Bayi Messi dan ‘Pikellu Anjoro’

M Danial

PERHELATAN Piala Dunia 2022 di Qatar sudah berakhir. Argentina memboyong trophi juara setelah memenangi adu pinalti melawan Prancis. Kapten kesebelasan Lionel Messi telah dinobatkan sebagai pemain terbaik dan meraih Golden Ball atau bola emas telah kembali ke Argentina bersama timnya.

Tapi euforia penggemar Argentina dan pengagum Messi belum berakhir. Setidaknya bagi Muhammad Yusuf, warga Manjopai, Desa Karama, Kecamatan Tinambung. Pria yang akrab disapa Pua Raju menunaikan nazarnya berjalan kaki untuk menemui cucu pertamanya yang lahir menjelang laga Argentina – Polandia pada babak perdelapan final 30 November. Sang cucu yang diberi nama Muhammad Messi, berada di rumah besan Pua Raju di Camba-camba, Kecamatan Limboro.

Nazar berjalan kaki dari Manjopai ke Camba-camba sekira tujuh kilometer, dilakakan Selasa 20 Desember siang. Pua Raju ditemani istrinya, Nurma dan belasan fans berat Tim Tango yang mengenakan jersey kebanggaan, berjalan penuh semangat di bawah terik matahari. Pua Raju berjalan sambil membawa sebuah pikellu (parut kelapa tradisional Mandar) yang dicat dengan warna khas Argentina. Sesekali pikellu itu diangkat tinggi-tinggi dan menjadi obyek foto layaknya trophi Piala Dunia.

Disambut hangat keluarga besarnya di Camba-camba yang mengenakan jersey Argentina. Pua Raju tidak terlihat kelelahan sedikitpun setelah berjalan kaki berkilo-kilometer di bawah terik matahari. Kebahagiaan saat menimang dan mencium bayi Muhammad Messi, yang menyambutnya dalam gendongan ibunya, Wardana dan ayahnya, Sirajuddin alias Raju yang merupakan putra pertama Pua Raju dan dikenal sebagai pemain sepak bola.

Muhammad Yusuf bersama istri, anak dan menantu serta cucunya yang diberi nama Muhammad Messi.

Nama adalah doa. Pua Raju menyebut nama Messi untuk sang cucu dengan harapan kelak menjadi pesepak bola yang hebat seperti Messi. Atas saran seorang ustaz, nama depan bayi Messi ditambahkan nama Muhammad. Lengkapnya: Muhammad Messi.

“Awalnya nama Messi, sebagai doa cucu saya kelak bisa menjadi pemain sepak bola hebat seperti Messi. Ustaz bilang nama adalah doa, dia sarankan agar di depan nama Messi ada Muhammad. Jadi, Muhammad Messi,” jelas Pua Raju, yang mulai disapa Kanne’ Messi. Dalam bahasa Mandar, kanne’ artinya kakek.

Apa hubungan pikellu dengan Piala Dunia? Pua Raju mengakui sebagai simbol kebahagiaan atas kemenangan tim favoritnya. Pikellu yang diibaratkan trophi Piala Dunia yang diraih Messi dan kawan-kawan. Namun, dirinya mengaku  memperlakukan khusus pikellu di rumahnya saat berlangsung final Argentina РPrancis yang lalu.

“Sebenarnya sebagai simbol saja, kita gembira dan bahagia Argentina juara Piala Dunia. Messi mengangkat trophi, saya mengangkat pikellu. Kita adalah pemenang,” ujarnya sambil tertawa.

Pua Raju menyebut pikellu punya makna tersendiri bagi dirinya sebagai nelayan tradisional dan masyarakat yang bermukim di pesisir pantai. Ada semacam kebiasaan para istri nelayan mengatasi kerisauan terhadap angin kencang saat suaminya sedang melaut. Mereka meletakan pikellu di depan pintu rumah menghadap keluar atau di tiang tengah rumah, yang dipercaya bisa meredam angin kencang.

“Bagi saya sebagai nelayan, ada semacam kebiasaan meletakan pikellu di depan pintu menghadap keluar untuk meredam angin kencang. Saat final Argentina lawan Prancis, saya ibaratkan terjadi angin kencang, makanya saya letakan ini pikellu di tiang tengah rumah, dengan harapan Messi tidak kesulitan untuk memenangi Piala Dunia,” tutur Pua Raju. Pikellu tersebut, selanjutnya akan disimpan sebagai koleksi. Pua Raju sudah meminta istrinya mencari pikellu yang baru.

Menyimak soal pikellu, saya teringat sebuah kalimat bahwa berjuta doa setiap saat dilangitkan manusia, tidak seorang pun yang tahu doa siapa yang dikabulkan Tuhan. (*)

__Terbit pada
21/12/2022
__Kategori
Inspirasi, Lifestyle