Dibantu polisi, sejumlah warga berupaya melewati materil longsor yang menutup akses jalan di Kelurahan Taramanu, Kecamatan Tutar, Kabupaten Polewali Mandar, Senin (04/07/2022)>

Longsor Putus Akses Jalan di Tutar-Polisi Siaga bantu Warga

TUTAR,- Peristiwa tanah longsor kembali memutus akses jalan utama menuju sejumlah wilayah di Kecamatan Tutar, Kabupaten Polewali Mandar. Sejumlah personil kepolisian turun tangan membantu warga melewati material longsor.

Longsor yang memutus akses jalan ini, terjadi Minggu malam (03/07) sekira pukul 20:00 wita. Tebing di sisi jalan longsor usai diguyur hujan deras.

“Kejadian semalam (Minggu malam), penyebabnya hujan deras sekitar hampir dua jam,”kata anggota Polsek Tutar, Aipda Solihin kepada wartawan di lokasi longsor, Senin (04/07/2022)

Solihin berharap, pemerintah segera mengirim alat berat untuk membersihkan material longsor, Apalagi, jalan yang tertutup longsor merupakan akses utama menuju ibu kota kecamatan, termasuk satu kelurahan dan desa.

“Sangat butuh alat berat, soalnya ini jalan poros menuju Padang Mawalle, ibu kota kecamatan. Ada dua yang terdampak, satu Kelurahan Taramanu dengan Desa Poda-poda,”tandasnya.

Beradasarkan pantauan wartawan, titik longsor yang melumpuhkan aktivitas warga ini berada di Kelurahan Taramanu, Kecamatan Tutar. Setidaknya ada dua titik longsor yang sulit dilalui warga.

Titik longsor pertama yang hampir menutup seluruh badan jalan berada di Jalan Poros Taramanu. Titik longsor paling parah berada di Lingkungan Lullung, Kelurahan Taramanu. Akses jalan sepanjang seratus meter tertutup longsor dengan ketinggian mencapai satu meter, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

“Setengah mati sekali masyarakat, mau ini bawa alat berat ke sini untuk bersihkan longsor,”pungkas salah satu warga, Aci.

Dibantu personil polisi dari Polsek Tutar yang bersiaga di lokasi longsor, warga yang ingin melanjutkan perjalanan, harus berjuang melewati material longsor yang terdiri dari tanah berlumpur bercampur batang kayu besar. (Thaya)

 

 

__Terbit pada
04/07/2022
__Kategori
Peristiwa