Suasana proses penghitungan suara pilkades, di Desa Kurma, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Kamis (18/11/2021).

PILKADES SERENTAK di POLMAN : Baharuddin Peroleh Suara Terbanyak di Kurma

POLEWALI,- Sebanyak 67 desa di Kabupaten Polewali Mandar, menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada hari ini, Kamis (18/11).

Salah satu pilkades yang mengundang perhatian, berada di Desa Kurma, Kecamatan Mapilli.

Pilkades di desa ini diikuti sedikitnya 5 calon. Calon nomor urut 1 bernama Subaer, SH, calon nomor urut 2 bernama Jais, S.Sos, calon nomor urut 3 bernama Udin, calon nomor urut 4 bernama Ahmad dan calon nomot urut 5 bernama Baharuddin, S.Sy.

Pelaksanaan pemungutan suara di Desa ini, berlangsung aman dan tertib pada enam TPS (Tempat pemungutan suara).

Berdasarkan data hasil perhitungan suara yang dihimpun wartawan, Baharuddin  memenangkan pilkades dengan perolehan suara sebanyak 1186. Sementara Jais yang merupakan incumbent, berada pada urutan kedua, dengan perolehan suara 706.

Perolehan suara Jais hanya unggul di TPS 1, sementara 5 TPS lainnya dimenangkan Baharuddin.

Diketahui, pada pilkades periode 2015-2021, Baharuddin juga terlibat persaingan dengan Jais yang maju sebagai calon kepala desa untuk pertama kalinya. Pada pemilihan waktu itu, Jais berhasil memeroleh suara terbanyak, sedangkan Baharuddin berada pada urutan kedua.

“Waktu pemilihan sebelumnya, Baharuddin dan Jais sama-sama maju, waktu itu dimenangkan Jais, sementara Baharuddin sudah berapa pada urutan kedua, dengan selisih suara mencapai ratusan,” kata salah satu warga yang enggan disebut namanya, Kamis sore (18/11/2021).

Menurut warga, hasil pilkades di Desa Kurma memang selalu diwarnai wajah baru. Selama ini belum ada Kepala Desa yang berhasil menjabat salama dua periode.

“Dari dulu di desa Kurma, belum ada kepala desa yang berhasil menjabat dua kali,” ungkap warga lainnya, Aci saat memantau proses perhitungan suara pada salah satu TPS. (Thaya)

__Terbit pada
18/11/2021