Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar dan Walikota Balikpapan Rahmat Mas'ud.ist

Gubernur Sulbar Sambut Gagasan Ma’balu Walikota Balikpapan

BALIKPAPAN,- Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar menyambut baik tawaran Walikota Balikpapan, Kalimantan Timur Rahmat Mas’ud yang menggagas kerjasama tiga daerah yang disebut Ma’balu (Mamuju-Balikpapan-Palu). Tujuannya, mempercepat pengembangan sektor perekonomian dan perdagangan di tiga provinsi, yakni di Sulbar, Kaltim, dan Sulteng. Dalam bahasa Mandar, Ma’balu artinya menjual.

Gagasan Ma’balu dilontarkan Walikota Rahmat Mas’ud saat menerima kunjungan Gubernur Ali Baal Masdar, di Rujab Walikota Balikpapan, Sabtu malam (27/11) lalu. Pada kesempatan itu, Gubernur Ali Baaal Masdar didampingi beberapa pejabat Pemprov Sulbar. Begitupun Walikota Rahmat Mas’ud didampingi beberapa pejabat Pemkot Balikpapan.

“Konsep Ma’balu bukan sekedar slogan, tapi Insya Allah akan kita wujudkan. Konsep segitiga emas ketiga daerah itu kita wujudkan dalam menyambut Ibukota RI di Kalimantan Timur,” ujar Rahmad, Sabtu malam (27/11/2021).

Dikatakan, pihaknya sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. Berikutnya akan menyasar sejumlah kabupaten di Sulbar pada tahun 2022 nanti. Untuk kerjasama di bidang pertanian, perkebunan, dan sektor lainmya.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar mendukung konsep tersebut. Jika Balikpapan menawarkan Ma’balu, Sulbar menyambut kerjasama tersebut melalui program Mandiri, Cerdas, dan Sehat (Marasa)

Program Marasa terkoneksi ke berbagai sektor, sejalan dengan konsep Ma’balu. Dengan akan didirikannya ibukota negara yang baru di Penajam Paser Utara, pertambahan penduduk dan investasi di Kaltim akan menjadi peluang di Sulawesi, termasuk Sulbar.

“Dengan begitu, baik Marasa maupun Ma’balu dapat jalan bersama dan terealisasi sesuai harapan masyarakat,” imbuh pria yang kerap disapa ABM. (emd)

__Terbit pada
30/11/2021
__Kategori
Pemerintahan