Vaksinasi Door to Door Memudahkan Warga Mateng Menerima Vaksin

MATENG- Target herd immunity yang persentasenya harus mencapai 70% hingga akhir tahun 2021 terus digenjot Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Sulawesi Barat. Salah satunya adalah dengan menggelar vaksinasi  secara door to door ke rumah-rumah warga.

Kepolisian Resort (Polres) Mateng bersama Puskesmas Tobadak menggelar vaksinasi untuk masyarakat umum di Desa Mahahe, Rabu (20/10/2021).

Kasat Binmas Polres Mateng, Iptu Agus Suharno, mengatakan pelaksanaan vaksinasi hari ini yang digagas Puskesmas Tobadak dan aparat kepolisian melakukan langkah jemput bola ke rumah-rumah warga. Upaya ini dilakukan untuk mengakomodir warga yang tidak bisa mengikuti vaksin di sentra vaksinasi karena kesibukan masing-masing.

“Bagi warga yang tidak bisa vaksin karena harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari keluarganya, kita datangi dan kita ajak mereka untuk vaksin. Kami datangi mereka door to door,” ujar Agus Suharno.

Dia menambahkan, vaksinasi yang dilaksanakan Puskesmas Tobadak dalam pelaksanaannya mengerahkan sejumlah tenaga medis baik vaksinatornya maupun petugas yang mendata dari Tim Dokkes Puskesmas Tobadak untuk mengejar herd imunity agar target percepatan vaksinasi segera tercapai.

Salah seorang warga yang dimintai pendapat tentang vaksinasi dengan mendatangi rumah-rumah warga, dinilainya sangat efektif. Pasalnya, banyak warga yang setiap hari bekerja untuk memenuhi kewajiban keluarga.

“Menurut saya ini sangat bagus dan membantu, karena banyak warga seperti saya harus bekerja di kebun setiap hari, jadi tidak punya waktu pergi vaksin di puskesmas atau di mana,” ucap Kasmudin yang mengaku senang bisa menerima vaksin, Sabtu (23/10/2021). (sur/red)

Editor: Sulaeman Rahman

 

__Terbit pada
24/10/2021
__Kategori
kesehatan