Sungai Meluap, Puluhan Rumah di Mapilli Terendam Banjir

MAPILLI,- Sedikitnya 54 rumah warga di Kabupaten Polewali Mandar terendam banjir dengan ketinggian mencapai satu meter. Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Andau dan Sungai Limbong Kadundung yang berada di sekitar pemukiman warga.

Camat Mapilli Rahmat Rubianto mengatakan, setidaknya ada dua desa di wilayahnya yang terdampak banjir.

“ Sekarang kami di daerah banjir, yang terdampak korban 54 kepala keluarga, namun ada dua desa yang terdampak pada malam hari ini, Desa Rappang Barat dan Desa Landi Kannusuang, di Dusun Pullundung yang sangat parah, “ ujar Rahmat yang dikonfirmasi wartawan saat memantau wilayahnya yang terdampak banjir, Sabtu malam (04/09/2021).

Rahmat mengaku, sebelum banjir menerjang hujan deras sempat mengguyur. Ia bersyukur, lantaran banjir setinggi satu meter yang sempat memicu kepanikan itu, segera surut.

“ Alhamdulillah, memang tadi sekitar jam 17:30 hujan memang cukup tinggi. Namun Alhamdulillah air sekarang sudah surut,” tuturnya.

Menurut dia, sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa yang ditimbulkan peristiwa banjir. Namun kerugian materil ditaksir mencapai seratus juta rupiah. Bersama sejumlah pihak, pemerintah setempat telah berada di lokasi untuk membantu warga terdampak banjir.

“ Semua sudah bisa diselesaikan, berkat kerjasama Pemerintah Desa, Tagana, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pemuda Karang Taruna dan seluruh warga masyarakat.  Taksir (kerugian) saat ini sekira 100 juta rupiah,” pungkas Rahmat.

Berdasarkan pantauan wartawan, selain merendam rumah, banjir turut menggenangi permukaan jalan sepanjang tiga ratus meter. Derasnya arus banjir, sempat menyulitkan pengguna jalan yang ingin melintas.

Tidak sedikit sepeda motor yang mengalami mati mesin, saat mencoba menerobos genangan banjir. (Thaya)

 

__Terbit pada
05/09/2021
__Kategori
Peristiwa