Suasana warga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Batupanga, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu malam (11/09/2021).

Puluhan Rumah Warga Batupanga-Luyo Terendam Banjir

LUYO,- Sedikitnya 50 rumah warga di Lingkungan Lena, Kelurahan Batupanga, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, terendam banjir.

Banjir dengan ketinggian mencapai satu meter, terjadi pasca hujan deras yang mengguyur daerah ini sejak Sabtu sore, sekira pukul 16:00 wita.

“ Sekitar jam empat sore, sempat hujan dulu baru naik (banjir), “ kata warga yang rumahnya terendam banjir, Nardin kepada wartawan, Sabtu malam (11/09/2021).

Selain karena curah hujan, Nardin menyebut banjir disebabkan terjadinya pendangkalan dan penyempitan Sungai Salurewong yang berada di sekitar pemukiman, membuat air sungai cepat meluap.

“ Gegaranya jalurnya sungai menyempit. Mau minta bagaimana caranya bisa dikeruk, supaya air lancar. Karena jalurnya menyempit, “ ungkapnya.

Salah satu staf Kelurahan Batupanga Subhan menyebut, banjir turut merendam sedikitnya dua sarana pendidikan di daerah ini.

“ Yang terdampak di sini sebagian besar pemukiman masyarakat dan sarana pendidikan, sekolah ada dua, dan kurang lebih 50 kepala keluarga yang terdampak di sini, “ ungkapnya saat memantau kondisi banjir.

Menurut Subhan, beberapa warga yang rumahnya terendam banjir juga terpaksa mengungsi ke rumah tetangga.

“ Ada beberapa warga yang mengungsi ke rumah tetangga, sembari selamatkan barang yang bisa diangkat, “ pungkasnya.

Berdasarkan pantauan wartawan, selain merendam pemukikan, banjir turut menggenangi permukaan jalan sepanjang 150 meter, penghubung Kecamatan Luyo dan Kecamatan Tutar. Warga khususnya pemilik kendaraan, terlihat sangat berhati-hati, saat melewati genangan banjir.

Kendati banjir mulai surut, warga masih waspada, apalagi kondisi cuaca masih buruk. (Thaya)

__Terbit pada
11/09/2021
__Kategori
Peristiwa