Warga mengalungkan rangkaian bunga di leher sapi Bolot, yang pada hari ini tepat berusia empat tahun, Sabtu (17/07/2021). Sapi jenis simental ini dibeli Presiden Jokowi untuk dikurbankan pada hari raya Idul Adha, 20 Juli mendatang.

Sapi Bolot Dibeli Presiden, Warga Sumberjo-Polman Syukuran

WONOMULYO,- Belasan warga Kabupaten Polewali Mandar mengikuti acara syukuran, wujud kebahagiaan salah satu sapi jenis simental dari daerah ini, dibeli Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dikurbankan pada hari raya Idul Adha, 20 Juli mendatang.

Acara diawali dengan doa bersama, berlangsung di depan kandang sapi simental bernama Bolot, di Dusun Pendukuan, Desa Sumberjo, Kecamatan Wonomulyo, Sabtu pagi.

Dalam pelaksanaannya, Marsidi selaku peternak sapi Bolot, melakukan pemotongan tumpeng, dilanjutkan acara makan bersama.

“ Ya intinya syukuran, saya bersyukur karena sapi yang saya pelihara bisa diambil orang nomor satu di Indonesia (Presiden Jokowi). Intinya syukuran karena saya merasa bangga, “ ungkap Marsidi kepada wartawan, Sabtu siang (17/07/2021).

Marsidi sang peternak sapi Bolot, melakukan pemotongan tumpeng, wujud bahagia dan rasa syukur sapinya dibeli Presiden, Sabtu (17/07/2021).

Dalam kegiatan ini, Marsidi dibantu warga lainnya, juga melakukan pengalungan rangkaian bunga di leher sapi Bolot, yang diketahui tepat berusia empat tahun pada hari ini. Kendati sempat terlihat marah, sapi Bolot akhirnya tenang setelah diberi makan.

“ Kebetulan pas hari ini, apa. tanggal 17 itu adalah tanggal kelahiran (sapi Bolot) bertemptan dengan usia 4 tahun sapi tersebut. Yang jelas ini jadi penyemangat bagi peternak, “ tandas Marsidi sambil tertawa.

Pada kesempatan sama, Kepala Dusun Pendukuan Atek Sutekno, mengungkapkan rasa bangga mengetahui sapi milik warganya dibeli Presiden Jokowi.

“ Alhamdulillah, ini saya sangat bangga dengan adanya pembelian sapi milik warga kami. Ini suatu kehormatan, “ ujar Atek.

Menurut Atek, hampir sebagian warganya berprofesi sebagai peternak sapi berkualitas. Adanya salah satu sapi warga setempat dibeli Presiden Jokowi, diakui menjadi motivasi bagi warganya untuk terus beternak sapi berkualitas.

“ Memang di wilayah saya ini peternak sapi sangat banyak. Mayoritas adalah peternak sapi berkualitas. Adanya sapi salah seorang warga yang dibeli bapak Presiden, sangat memotivasi warga kami, sehingga memacu untuk lebih baik lagi, menambah wawasan cara beternak sapi yang baik dan benar, “ pungkas Atek.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi membeli seekor sapi simental, dengan bobot 1 ton 8 kilogram, panjang 2 meter dan tinggi 154 sentimeter, untuk dikurbankan. Sapi yang diberi nama Bolot itu dipilih Jokowi, lantaran dianggap paling layak, mengalahkan dua sapi pesaing lainnya yang diusulkan pemerintah setempat.

Diketahui, sapi Bolot adalah milik Hadi warga Desa Sugihwaras, Kecamatan Wonomulyo. Sehari-hari, sapi tersebut dipelihara oleh Marsidi, warga Desa Sumberjo, Kecamatan Wonomulyo. (Thaya)

__Terbit pada
17/07/2021
__Kategori
Sosial