Tugu Prasasti program TMMD ke 111 Kodim 1402/Polman, di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar. Tugu dibangun, untuk mengenang pelaksanaan TMMD di daerah ini,

Kenang Pelaksanaan TMMD ke 111 di Polman, Satgas Bangun Tugu Prasasti

POLEWALI,- Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 111 Kodim 1402/Polman, membangun sebuah tugu prasasti di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar. Tugu tersebut merupakan saksi sejarah, pelaksanaan TMMD ke 111 di daerah ini.

Pada tugu prasasti tersebut, dicantumkan logo Mabes TNI kemudian Logo Kodam Hasanuddin bersanding dengan Polda Sulbar  dan juga Logo Pemkab Kabupaten Polewali Mandar .

“ Prasasti itu nantinya akan menceritakan banyak hal tentang perjuangan dan gotong-royong anggota satgas TMMD yang terdiri dari Anggota TNI dan Polri bersama warga menyelesaikan seluruh pekerjaan hingga tuntas,” kata Dansatgas TMMD ke 111, Letkol Czi Masni Etha Yanurianedhi, melalui rilis yang diterima wartawan, Selasa kemarin (13/07/2021).

Menurut Masni Etha, ada berbagai pihak yang terlibat aktif dalam pelaksanaan program TMMD. Selain terlibat dalam pengerjaan sasaran fisik, ada juga yang terlibat dalam kegiatan non fisik berupa penyuluhan, sesuai dengan bidang masing-masing.

“ Tugu Prasasti ini juga  merupakan salah satu simbol yang menjadikan bukti nyata kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-111 Kodim 1402/Polman di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi selama 1 bulan,” ungkapnya.

Mewakili warga setempat, Kepala Desa Kunyi, Anri menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan TMMD di desanya. Dia mengatakan, seluruh program TMMD memberikan manfaaat besar, bahkan membangun mental warganya setelah mengikuti berbagai kegiatan penyuluhan.

“ Program TMMD sangat bermamfaat bagi warga kami, karena selain pembangunan sasaran fisik,  TMMD ini juga menumbuhkan semangat gotong royong di masyarakat, “ terangnya.

Diakui Anri, keberadaan tugu prasasti TMMD ke 111, tidak hanya menjadi kenangan tetapi juga symbol semangat kebersamaan warga bersama TNI, Polisi dan pemerintah setempat.

“ Adanya tugu ini, setidaknya akan menjadi kenangan tersendiri bagi kami masyarakat desa Kunyi dan masyarakat Polewali Mandar pada umumnya, “ pungkas Anri.

Sebelumnya diberitakan, program TMMD ke 111 Kodim 1402/Polman di Desa Kunyi, menyasar sejumlah program fisik, diantaranya, perintisan jalan sepanjang 1977 x 4 meter, pembuatan 10 unit Duicker dan pembangunan 1 Unit jembatan sepanjang 13 x 4 meter. Semuanya telah rampung 100 persen.

Selain itu, ada juga program non fisik, meliputi penyuluhan wasbang,  penyuluhan bela Negara, penyuluhan hukum, penyuluhan pertanian,  penyuluhan ekonomi kreatif dan umkm, penyuluhan KB kesehatan,  sosialisasi stunting, sosialisasi posyandu,  sosialisasi posbindu PTM , Pemutaran film perjuangan dan juga bakti sosial donor darah, serta sasaran tambahan berupa pembuatan pagar dan pengecatan Pustu, Pengecatan Posyandu serta Pengecatan Gereja.

Satgas TMMD juga melakukan pendampingan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk ratusan warga di daerah ini. (Thaya)

__Terbit pada
15/07/2021
__Kategori
Polhukam