Anggota Komisi IX DPR RI: Masyarakat Harus Dukung Program Vaksinasi

MAMUJU- Anggota Komisi IX DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Barat, Hj Andi Ruskati Ali Baal, menegaskan masyarakat dari berbagai lapisan di Sulawesi Barat harus mendukung program vaksinasi yang dilaksanakan pemerintah. Alasannya, vaksin itu penting untuk kekebalan terhadap virus Covid-19 yang sudah setahun lebih mewabah.

“Vaksinasi akan dilakukan kepada seluruh lapisan masyarakat sebagai upaya pemerintah memutus rantai sebaran Covid-19. Oleh karena itu, mesti kita dukung dan sukseskan program vaksinasi ini demi kebaikan dan keselamatan kita semua,” kata Andi Ruskati di sela pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Barat, Kamis (08/07/2021).

Andi Ruskati menyebut, Komisi IX DPR RI sebagai mitra kerja Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, memanggul beban tanggung jawab untuk tidak henti-hentinya mengajak masyarakat agar patuh protokol kesehatan (prokes) selama pandemi masih berlangsung, selain program vaksinasi. Masyarakat hendaknya selalu terapkan 5M (memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi).

Dirinya yang juga ikut divaksin di rumah jabatan Gubernur Sulawesi Barat, mengatakan vaksinasi adalah salah satu upaya memerangi sebaran Covid-19.

“Namun, protokol kesehatan mesti terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, meski pun sudah divaksin. Masyarakat harus tetap menaati protokol kesehatan dengan cara rajin-rajin mencuci tangan, menggunakan masker, tetap menjaga jarak, serta menghindari tempat keramaian secara disiplin,” kata Andi Ruskati yang istri Gubernur Sulawesi Barat, H Andi Alibaal Masdar.

Menurut dia, vaksinasi membantu meningkatkan imunitas tubuh. Apalagi, sebut Andi Ruskati, jumlah penderita Covid 19 semakin bertambah.

“Karena itu saya mengajak kita semua untuk ikut vaksinasi, semoga dengan vaksinasi ini kita bisa terbebas dari penyebaran Covid 19,” imbuhnya.

Syamsiah, seorang warga yang usai divaksin ketika dimintai komentar mengaku gembira bisa mendapatkan vaksin di rumah jabatan Gubernur. Pasalnya, dia sudah lama menunggu panggilan, namun belum mendapatkan giliran.

“Di sini (rumah jabatan, red) kami mendaftar dengan hanya membawa tanda pengenal langsung bisa divaksin,” ujar Syamsiah senyum semringah. “Sisa menunggu vaksin kedua,” lanjutnya warga Kelurahan Rangas, Mamuju ini.

Andi Ruskati mengatakan, dirinya memberikan apresiasi tinggi menyaksikan antusiasme masyarakat mengikuti vaksin. Sehingga, menurutnya pemerintah harus mempercepat pelaksanaan vaksinasi dengan tetap memperhatikan standar vaksinasi dan untuk mencegah kedaluwarsa vaksin.

“Jangan sampai perjuangan panjang dan melelahkan melawan wabah ini menjadi sia-sia, karena kelambanan kita melakukan vaksin,” ucap Andi Ruskati. (sur/red)

__Terbit pada
22/07/2021
__Kategori
kesehatan