Tim Penyuluh Hukum Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, saat menggelar sosialisasi hukum di Aula Kantor Desa Kunyi, Kecamatan Anrapi, Kabupaten Polewali Mandar, senin kemarin (21/06/2021). ist

Dukung TMMD ke 111 di Polman, Kejaksaan Edukasi Warga Kunyi Masalah Hukum

POLEWALI,- Kejaksaan Negeri Polewali Mandar melaksanakan penyuluhan hukum di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polewali Mandar.

Kegiatan digelar, sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap pelaksanaan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke 111 Kodim 1402/Polman, yang berlangsung di desa Kunyi.

Kegiatan berlangsung di Aula Kantor Desa Kunyi, diikuti sedikitnya 30 warga setempat, dan menerapkan protokol kesehatan, Senin kemarin (21/06)

Mengawali materinya, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, Tomy Bonar mengenalkan apa itu Kejaksaan, tugas pokok dan fungsi Jaksa dalam penegakan hukum di Indonesia. Ia juga menyampaikan materi bahaya penyalahgunaan narkoba, serta kenakalan remaja.

Selain itu, Tomy juga menyampaikan prosedur penyelesaian permasalahan yang terjadi di desa terutama sengketa lahan, ” Jangan melakukan kekerasan dalam penyelesaian perkara di Desa, Kejaksaan terbuka untuk masyarakat untuk mediasi permasalahan yang di desa ,” ujar Tomy melalui rilis yang diterima wartawan, Selasa (22/06/2021).

Tomy meminta, permasalahan yang desa diselesaikan secara musyawarah melibatkan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, ” Diskusikan dengan baik di tingkat Desa, libatkan Babinsa-Bhabinkamtibmas desa untuk menyelesaikan permasalahan,  namun jika ditingkat desa tidak mendapatkan kesepakatan maka silahkan datang ke Kantor kejaksaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kunyi Anri, mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih, atas kehadiran Tim Penyuluh Hukum Kejaksaan Polewali Mandar di desanya, “ Suatu kebanggaan dan kehormatan bagi kami masyarakat kunyi,  mendapatkan pencerahan terkait masalah hukum dari kejaksaan Negeri Polewali,” pungkasnya.

Penyuluhan hukum oleh Tim Penyuluh Hukum Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar kepada masyarakat terkait masalah hukum, agar mereka dapat mengantisipasi segala bentuk pelanggaran hukum yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. (Rls/Thaya)

__Terbit pada
22/06/2021
__Kategori
Polhukam