M Danial. (dok)

BERKECAMUK…..!!!!

Oleh M Danial

BUKAN angin kencang yang menumbangkan pepohonan. Bukan juga amarah yang sengit dan sulit dipadamkan. Atau perasaan gundah gulana lantaran sedih tiada terkira.

Di lembaga-lembaga pemerintahan maupun swasta. Di lingkungan organisasi atau perkumpulan level kampung. Bahkan di kepanitiaan kegiatan. Pimpinan organisasi atau atasan akan memberi perhatian kepada bawahan yang berkinerja baik. Yang selalu berpikir bagaimana berkontribusi positif untuk kemajuan organisasi. Yang berprestasi akan mendapat perhatian tersendiri. Setidaknya menjadi nominator untuk promosi jabatan. Sebagai reward atau penghargaan atas dedikasinya untuk kemajuan organisasi. Juga sebagai penyemangat untuk bekerja makin baik.

Dikutip dari berbagai sumber, reward dan punishment merupakan bentuk metode memotivasi karyawan / pegawai dalam perusahaan atau organisasi. Tujuannya, untuk meningkatkan kinerja dan menghasilkan prestasi. Reward merupakan penghargaan, imbalan, atau hadiah atas prestasi kerja. Sebagai pengakuan untuk menjadi penyemangat dalam organisasi.

Dalam konsep manajemen, reward adalah salah satu cara meningkatkan motivasi kerja dalam organisasi. Sebaliknya, punishment sebagai hukuman atau sanksi. Yang diberikan terhadap yang kinerjanya rendah. Tidak sesuai harapan. Bahkan, berpotensi menghambat kemajuan organisasi.

Fenomena yang banyak terjadi. Bawahan mencari perhatian dengan melakukan berbagai cara terhadap atasan. Dengan caranya sendiri atau meniru pola orang lain. Yang penting mendapatkan nilai baik. Sebagai jalan menyelamatkan diri dari hempasan ombak. Berbagai cara dilakukan. Aneka upaya ditempuh. Dilakukan secara sadar dan seolah tidak mengetahui. Bahwa tempatnya bernaung adalah organisasi yang dibentuk untuk kepentingan publik. Tujuan utamanya mendapat nilai baik. Dilakukan secara halus atau sebaliknya. Tidak peduli merugikan orang lain, bahkan teman sendiri. Itu yang namanya Berkecamuk: Berusaha Keras Cari Muka. (*)

__Terbit pada
20/06/2021
__Kategori
Opini