Didampingi Bhabinkamtibmas, Saku (83 tahun), lansia asal Desa Segerang, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, antusias menerima vaksin Covid-19, Senin siang (21/06/2021).

Berharap Bebas dari Corona, Lansia di Mapilli Antusias Divaksin

MAPILLI,- Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 menyasar sejumlah desa di Kabupaten Polewali Mandar, disambut antusias warga. Mereka berdatangan ke lokasi pelaksanaan untuk divaksin, berharap terbebas dari penularan virus corona.

Seperti yang berlangsung di Kantor Desa Segerang, Kecamatan Mapilli, Senin siang. Terlihat ratusan warga berbondong-bondong mendatangi kantor desa ini, untuk mendaftarkan diri agar segera divaksin.

Diantara banyak warga, tidak sedikit yang telah berusia lanjut (lansia). Salah satunya pasangan suami istri (pasutri) Saku (83 tahun) dan Sitti Eja (76 tahun).

Kendati telah berusia senja, tidak menyurutkan semangat keduanya untuk menerima suntikan vaksin.

Walau sempat menunggu beberapa saat, keduanya tampak sumringah, ketika nama mereka dipanggil petugas dan dinyatakan memenuhi syarat untuk menerima suntikan vaksin, setelah sebelumnya sempat menjalani serangkaian pemeriksaan.

Dengan pengawalan Bhabinkamtibmas, pasutri yang mengaku memiliki 12 anak dan lebih 30 cucu ini, antusias ketika diantar menuju meja khusus untuk menerima suntikan vaksin. Bahkan, keduanya mengaku tidak merasakan gejala apapun usia disuntik vaksin.

“ Bagus saya rasa, tidak khawatir, bahagia dan senang sudah divaksin, supaya sehat, “ ujar Saku kepada wartawan, sembari menunjukkan surat keterangan telah menerima suntikan vaksin tahap pertama, Senin (21/06/2021).

Untuk itu, mereka mengimbau seluruh warga agar tidak takut dan bersedia divaksin, “ Rasanya bagus, seperti biasa. Kenapa harus takut,..? Kalau sudah sampai waktunya, sudah sampai umur…ini untuk kebaikan, kalau saya takut pasti tidak kemari, “ timpal Sitti Eja bersemangat.

Kepala UPTD Puskesmas Mapilli, H Saldy Kursani mengaku bersyukur, dengan tingginya animo warga di daerah ini, untuk menjalani vaksinasi. Dia berharap, respon serupa ditunjukkan warga di desa lainnya, agar target cakupan vaksinasi di daerah ini terpenuhi.

“ Alhamdulillah dengan antusiasnya masyarakat melaksanakan vaksinasi, khusus di desa segerang sudah memasuki hari kedua pelaksanaan, Alhamdulillah antusias masyarakat sangat bagus, ditandai dengan banyaknya yang datang berbondong-bondong datang menerima vaksin. Alhamdulillah masyarakat memahami pentingnya vaksin supaya covid dapat teratasi, “ ujar Saldy di tempat terpisah.

Kendati vaksinasi telah menyasar seluruh elemen masyarakat, Saldy mengaku, tetap berupaya memprioritaskan para lansia dan pelayanan publik, untuk menerima vaksin, “ Tetap kita prioritaskan lansia dan pelayanan publik. Apalagi banyak lansia yang datang, tentunya itu tidak terlepas dari edukasi, bagaimana lansia tetap mendapat prioritas, “ terangnya.

Dia mengaku, akan mendatangi seluruh desa di wilayah tugasnya, sebagai upaya mempercepat capaian target vaksinasi,” Kita akan berlanjut terus, sampai semua selesai divaksin, sasaran umur 18 tahun ke atas. Saat ini untuk 12 desa di Kecamatan Mapilli, tiap hari kita roling desanya, nantinya kita akan berputar terus, sampai cakupan ini selesai sasaran, “ pungkasnya.

 

__Terbit pada
21/06/2021
__Kategori
kesehatan, Sosial