Warga sebrangi jembatan gantung rusak di Dusun Rantelelamun, Desa Pamoseang, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa.

Benahi Jembatan Viral di Mamasa, Pemdes Anggarkan Dana 11 Juta

MAMASA,- Perbaikan jembatan gantung di Dusun Rantelelamun, Desa Pamoseang, Kecamatan Mambi, Kabupaten Mamasa, akan segera dilakukan.

Pemerintah desa menargetkan perbaikan bisa dilakukan dalam waktu dekat, menggunakan anggaran sebanyak 11 juta rupiah yang bersumber dari dana desa, “ Jadi untuk dana desa ini, saya anggarkan dulu untuk lantainya itu, kurang lebih dari 11 juta. Anggaran itu, anggaran biaya tidak terduga di desa, “ kata Kepala Desa Pamoseang, M Sabir kepada wartawan, Kamis (24/06/2021).

Kendati kondisi jembatan mengalami kerusakan cukup parah, pasca diterjang banjir, Sabir mengaku, hanya akan melakukan perbaikan pada bagian lantai, “ Saya kira cuman lantainya saja yang akan diganti, saya berharap itu bisa maksimal,” ungkapnya.

Kendati demikian, ia berharap mendapat bantuan dari pemerintah kabupaten untuk memperbaiki jembatan gantung yang viral di media sosial, setelah terekam kamera dilalui sejumlah pelajar yang bertaruh nyawa, bergelantung di tali jembatan untuk sebrangi sungai, “ Ya sangat berharap, kalau ini jembatan dibangun oleh kabupaten dengan atau provinsi, agar perbaikan jembatan bisa lebih maksimal lagi, “ pungkas Sabir.

Sebelum diterjang banjir, jembatan gantung sepanjang 45 meter dengan lebar 1,5 meter ini, tidak hanya dapat dilalui warga, tetapi juga kendaraan roda dua.

Pasca diterjang banjir, warga harus bertaruh nyawa menggantung di tali jembatan untuk sebrangi sungai. Aktivitas warga membawa sembako ataupun hasil bumi, harus dilakukan dengan masuk ke dalam sungai dan menerobos arus deras. Sementara sepeda motor milik warga, terpaksa diparkir di sisi sungai yang lain.

Berdasarkan pantauan, kerusakan jembatan tidak hanya terletak pada bagian lantai kayu, yang hampir semuanya terlepas bahkan hilang terbawa banjir. Tetapi juga pada dinding pengaman kedua sisi jembatan, banyak yang hilang dan karatan.  Rangkaian tali baja yang dulunya berfungsi sebagai penahan lantai kayu juga sudah kendor, beberapa diantaranya terlepas. (Thaya)

__Terbit pada
24/06/2021
__Kategori
Pendidikan