Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, melantik 71 pejabat fungsional lingkup Pemprov Sulbar, Rabu siang (07/04/2021). ist

Gubernur Sulbar Imbau Pejabat Bekerja Profesional

SULBAR,- Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, mengimbau para pejabat lingkup pemprov Sulbar, untuk bekerja secara profesional. Tidak banyak bicara namun banyak bekerja.

Hal tersebut ditegaskan Ali Baal, saat melantik 71 pejabat fungsional lingkup pemprov Sulbar. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berlangsung di pelataran rumah jabatan Gubernur, Rabu siang (07/04/2021).

“ Adapun maksud dari hal tersebut, sebagai upaya pemerintah untuk terus bekerja secara profesional, tidak perlu banyak bicara, tetapi harus lebih banyak bekerja, apalagi pejabat struktur sedikit, sedangkan pejabat fungsional yang lebih diperbanyak, “ kata Ali Baal melalui rilis yang diterima wartawan.

Ali Baal berharap, pelantikan tersebut menjadi pelajaran, bagaimana bekerja sebagai ASN yang profesional. Pejabat fungsional sebagai pelaksana teknis pada instansi pemerintahan, diakui memiliki peran penting bagi jalannya pemerintahan, “ Untuk itu, sebagai pejabat fungsional harus mampu melaksanakan tugas yang bersifat mandiri, dalam melaksanakan tugas profesional sesuai dengan jenjang jabatan, pada level keterampilan dan keahlian,” terangnya.

Selanjutnya, mantan Bupati Polewali Mandar 2 periode itu juga meminta ASN, agar senantiasa bekerja dengan baik, menjadi pelayan masyarakat sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Ia juga mengimbau para kepala OPD, agar memberikan dukungan kepada pejabat fungsional pada masing-masing unit kerja, serta memperhatikan pengembangan kompetensinya, dengan mengikut sertakan dalam diklat pengembangan ASN dan uji kompetensi, untuk kenaikan jenjang jabatan, “ Berikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan tugas dan fungsinya, sehingga angka kredit dapat dikumpulkan, untuk kenaikan pangkat dan jenjang jabatan fungsional,” pinta Ali Baal.

Menurut Ali Baal, saat ini kementerian lembaga pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, akan melakukan penyederhanaan birokrasi dengan mengangkat pejabat administrator dan pengawas, dalam jabatan fungsional, yang akan dilantik pada minggu keempat Juni 2021 mendatang, “ Target kita, selama dua tahun ke depan, kiranya dapat menciptakan sumber daya manusia (SDM) ASN yang lebih profesional bekerja, termasuk juga bagi Gubernur, Wakil Gubernur, Sekretaris Daerah, para Asisten dan jajaran yang ada. Bekerja untuk menjadi yang lebih baik bagi daerah dan masyarakat Sulbar, “ tandasnya.

Sementara itu, Sekprov Sulbar Muhammad Idris mengemukakan, pelantikan 71 pejabat fungsional oleh Gubernur, diharapkan dapat mewujudkan ASN yang lebih profesional, lebih berfokus pada pemangku jabatan fungsional, dari segi kinerja dan angka kredit yang dibuktikan dengan kerja nyata, sesuai pada bidangnya selama dua tahun ke depan, “ Harapan kita dengan adanya pejabat fungsional ini, paling tidak dapat mendongkrak posisi provinsi dalam kancah nasional dan kita ingin Sulbar ini menjadi daerah terpandang dan ASNnya juga bagus, “ tutup Idris. (Thaya)

 

__Terbit pada
07/04/2021
__Kategori
Pemerintahan