Dirga melakukan foto bersama sejumlah warga khususnya emak-emak, Selasa (10/09/2024). ist

Tampil Sederhana Sapa Warga, Dirga Menjadi Idola Emak-emak di Anreapi Polman

POLEWALI MANDAR,- Calon bupati Polewali Mandar (Polman) Dirga Adhi Putra Singkarru menyapa warga di Kecamatan Anreapi, Kabupaten Polman, Selasa (10/09). Selain bersilaturahmi, tujuannya untuk membahas pengembagan sektor pariwisata, pertanian dan perkebunan di  wilayah itu.

Dirga menyapa warga dengan penuh kesederhanaan dan apa adanya. Dia juga membaur termasuk ketika melayani permintaan warga khususnya emak-emak untuk foto bersama karena mengidolakan dirinya.

Saat menyapa warga di Desa Kunyi, Anreapi, Dirga antusias mendiskusikan sejumlah persoalan yang disampaikan warga. Termasuk membahas kesulitan warga  setempat mendapatkan pupuk serta bibit kakao berlulitas.

Salah satu petani kakao dari Desa Kunyi,  bernama Rusli mengaku senang bisa bertemu langsung serta duduk santai bersama Dirga.

Rusli berharap keluhan yang disampaikan mendapat solusi. Apalagi harga pupuk dan bibit kakao juga diakui semakin mahal.

“Sejak mahal ini harga kakao, bibitnya mahal dan sulit didapatkan, semoga kelak jika Dirga terpilih, dapat menyediakan bibit unggulan dan pupuk subsidi mudah didapatkan dan tidak langka, sebab selama ini petani hanya bisa mendapatkan pupuk subsidi jika harus memiliki kelompok tani,” ujar Rusli kepada Dirga.

Merespon keluhan warga , Dirga mengaku akan melakukan restorasi data dari tingkat bawah untuk memudahkan digitalisasi faktual lapangan. Sehingga penyaluran pupuk dan bibit bisa valid dan tepat sasaran sesuai jumlah kuota yang dibutuhkan petani

Dirga berjanji akan meningkatkan pengawasan pendistribusian pupuk subsidi,  agar tidak dimainkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Nah ini perlu pengawasan yang ketat dari pihak terkait, karena kasihan kalau jatah pupuk untuk petani kita justru dijual keluar daerah, sementara untuk bibit kita akan perjuangkan hal itu,” terangnya.

Dia juga mengaku akan fokus mengembangkan sektor pariwisata di Desa Kunyi. Agar bisa memberikan efek bola salju.

Diakui Dirga, dengan membuat sentra pariwisata di wilayah ini,  otomatis bisa mengundang wisatawan datang berkunjung. Baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Rencana tersebut diungkapkan Dirga, usai melihat potensi wilayah Desa Kunyi yang sangat cocok untuk pengembangan desa wisata dan agro wisata. Contohnya pengembangan tanaman buah stroberi. (rls)

 

 

 

__Terbit pada
10/09/2024
__Kategori
Politik