Sejumlah balon kades tampak serius mengikuti ujian tertulis yang berlangsung di Gedung SMPN 4 Polewali, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Selasa siang (21/09/2021).

284 Balon Kades di Polman Ujian Tertulis, Peserta Anggap Soal Mudah

POLEWALI,- Sedikitnya 284 bakal calon kepala desa (Balon Kades) di Polewali Mandar, mengikuti ujian tertulis. Kendati berlangsung dengan pengawasan ketat panitia, banyak peserta yang saling bekerjasama untuk menyelesaikan soal ujian.

Pelaksanaan ujian tertulis bagi balon kades ini, berlangsung di Gedung SMP Negeri 4 Polewali, Kecamatan Polewali.

Salah satu balon kades, Junaedi mengaku mampu menyelesaikan soal lebih cepat, karena materi yang diujikan cukup mudah  hampir sama dengan tahun sebelumnya. Ia juga mengatakan, ada penambahan materi soal terkait virus corona.

“ Kebetulan kan kita ini mantan kepala desa, tentu dalam soal itu menyangkut hal masalah desa. Kalau mantan kepala desa tidak tahu jawabannya, itu kelewatan, “ ujar Junaedi kepada wartawan usai mengikuti ujian, Selasa siang (21/09/2021).

“ Hampir sama dengan lalu-lalu (soal), hanya ada pengaruh corona yang timbul dalam soal, “ sambungnya.

Menurut Junaedi, materi yang diberikan panitia sebanyak lima puluh nomor. Dia optimis, semuanya diselesaikan dengan benar.

“Kalau saya tidak ada yang susah karena itu soal pilihan ganda. Saya optimis lulus dengan baik, “ tutur Junaedi sambil tertawa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Polewali Mandar, Andi Nursami Masdar mengatakan, ujian tertulis ini merupakan salah satu tahapan dalam pemilihan kepala desa. Ia berharap, para peserta dapat menjawab seluruh soal dengan baik.

“ Harapan saya dalam tahapan pilkades ini, di mana kita adakan ujian tertulis, berharap semua calon kades bisa menyelesaikan soal dengan baik, “ ungkapnya.

Ia juga meminta para peserta agar tidak terburu-buru agar seluruh materi soal dapat diselesaikan dengan baik, sehingga seluruh rangkaian pilkades berjalan sesuai harapan.

“ Memang kami sengaja, supaya mereka juga (balon kades) membaca dengan baik dan menjawab dengan baik, mudah-mudahan semuanya berhasil , kami selalu panitia selaku ingin memberi yang terbaik untuk calon, mudah-mudahan pilkades tahun ini berjalan dengan lancar dan baik,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (PMD) Abdul Malik menyebut lima hal yang menjadi muatan utama dalam soal ujian tertulis balon kades.

“ Pertama tentang tata pemerintahan desa, kedua pengelolaan keuangan desa, ketiga pengawasan pemerintahan desa, keempat inovasi desa dan kelima tentang peningkatan ekonomi pedesaan, “ terangnya.

Selain itu, Malik juga mengungkapkan, materi soal yang tertuang dalam ujian tertulis, akan kembali diperdalam  saat ujian wawancara balon kades, yang rencananya mulai digelar pada Rabu besok (22/09).

“ Yang jelas, lima hal ini ada hubungannya dengan seleksi wawancara. Konten ini akan kembali diperdalam dalam seleksi wawancara yang akan digelar besok sampai 30 september 2021 mendatang, “ pungkas Malik.

Diketahui, ada sebanyak 67 desa akan menggelar Pemilihan Kepala Desa, yang rencananya digelar serentak pada bulan November 2021 mendatang. (Thaya)

__Terbit pada
21/09/2021
__Kategori
Pemerintahan