Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar. IST

Gubernur Sulbar Harap Warga Bersedia Divaksin

SULBAR,- Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, mengungkapkan kemungkinan dirinya tidak akan mendapat vaksinasi COVID-19, lantaran usianya tidak lagi memenuhi syarat untuk divaksin. Kendati demikian, ia mengaku siap jika ada vaksin yang cocok untuk dirinya. Pada tahap awal, vaksinasi covid hanya difokuskan untuk warga usia 18-59 tahun.

Hal tersebut disampaikan Gubernur, usai mengikuti rapat penanganan pandemi COVID-19, dan rencana pelaksanaan vaksinasi yang berlangsung di ruang oval kantor Gubernur Sulbar, Rabu (06/01/2021).

” Saya tidak bisa (divaksin) karena (usia) sudah lewat,  kecuali kalau ada vaksin lain yang membolehkan, saya siap, tidak ada masalah, “ kata Ali Baal.

Oleh karena itu, Ali Baal berharap, agar seluruh warga yang memenuhi persyaratan, bersedia divaksin, sebagai upaya memutus penularan virus corona, “ Untuk itu, saya menghimbau kepada masyarakat untuk patuh terhadap anjuran pemerintah melakukan vaksin, karena tidak ada pemerintah yang menginginkan masyarakatnya menderita,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga mengatakan, kesiapan pemerintah Sulbar melaksanakan vaksinasi, tinggal menunggu jadwal yang telah ditentukan. Ali Baal Masdar mengungkapkan, ada sedikitnya 500 tenaga medis yang telah mendapatkan pelatihan, untuk melaksanakan vaksinasi di Sulbar, yang rencananya akan dilaksanakan dalam tiga tahap.

Kepala Dinas Kominfo Pers Sulbar, Safaruddin Sanusi mengatakan, saat ini Pemprov Sulbar masih menunggu petunjuk teknis dari pusat terutama BPOM terkait pelaksanaan vaksinasi, yang akan dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 14 Januari mendatang, “ Tahap pertama itu adalah tim kesehatan, baru pejabat publik, kemudian petugas yang bersentuhan langsung masyarakat,” ungkap Safaruddin.

Pada tahap pertama. Pemprov Sulbar menerima vaksin sebanyak 10.960 dosis. Tenaga kesehatan berjumlah 10.569 orang, menjadi sasaran pertama penerima vaksin, “ Sisanya pada tahap kedua diberikan kepada pejabat publik, untuk meyakinakan masyarakat bahwa vaksin itu aman, “ terangnya.

Kendati vaksinasi untuk mencegah penularan virus corona segera akan dimulai, pemerintah tetap mengingatkan, agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Rapat turut dihadiri, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Ketataprajaan, Muh.Natsir, Kepala Dinkes Sulbar, dr.Alif Satria, Kepala BPBD Darno Majid. (Thaya)

__Terbit pada
06/01/2021