Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah, bersama unsur Forkopimda dan kepala OPD lainnya, saat meninjau kondisi abrasi pantai di Dusun Ga'de, Desa Tangnga-Tangnga, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu (09/01/2021) kemarin.

Pantau Abrasi Pantai di Tinambung, Gubernur Sulbar Janjikan Penanganan

POLEWALI- Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar, meninjau kondisi pemukiman warga terdampak abrasi di Dusun Ga’de, Desa Tangnga-Tangnga, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu (09/01) kemarin.

Dalam kunjungannya, Ali Baal menyempatkan berdialog dan mendengar curhatan warga terkait abrasi yang terus mengikis kawasan mereka.

Kepada warga, Ali Baal mengatakan akan segera melakukan penanganan, untuk mengatasi masalah abrasi pantai di darah ini, ” Tadi kita sudah melihat lokasi abrasi pantai itu, memang kondisinya padat. Kita berharap warga mau dipindahkan ke lokasi yang lebih aman, sebagai langkah penanganan awal, “ kata Ali Baal.

Kepada warga, Ali Baal juga menyatakan, akan menata tanggul pemecah ombak di wilayah terdampak abrasi, yang saat ini dalam kondisi rusak parah, “ Supaya lebih aman lagi, tetap kita perbaiki tanggul, “ papar mantan Bupati Polewali Mandar 2 Periode itu.

Wakil Ketua DPRD Sulbar Usman Suhuriah, menyampaikan keprihatinan atas kondisi yang dialami warga terdampak abrasi. Dia menegaskan, perbaikan tanggul pemecah ombak, sangat penting untuk segera direalisasikan, agar warga tidak terus menerus terancam banjir pasang, khususnya saat musim angin barat tiba, “ Warga yang bermukim di situ terus-menerus terancam banjir pasang, apalagi saat musin angin barat. Makanya, di tempat itu dibutuhkan perbaikan tanggul penahan ombak yang pernah ada disitu, “ujar Usman pada kesempatan sama.

Usman menyatakan dukungan, atas rencana Gubernur Sulbar, merelokasi warga, namun tetap melakukan perbaikan tanggul pemecah ombak di lokasi terdampak abrasi, “ Terima kasih kepada Gubernur atas perhatian yang diberikan kepada warga setempat, semoga warga yang bermukim di daerah ini, bisa hidup dalam rasa aman, tidak takut akibat banjir pasang yang setiap tahun mereka rasakan, “ tandas legislator Partai Golkar itu.

Terkait kunjungan dan rencana Gubernur Sulbar melakukan pembenahan di lokasi terdampak abrasi, salah satu warga Masna mengaku bersyukur. Dia berharap rencana Gubernur bisa segera terealisasi, “ Alhamdulillah, bapak Gubernur bisa datang langsung melihat kondisi kami di sini. Semoga Gubernur bisa segera membantu warga di sini, “ ungkapnya.

Menurut Masna, dalam beberapa tahun terakhir, beberapa rumah warga terpaksa dipindahkan akibat terdampak abrasi. Warga yang masih bertahan di sekitar lokasi, harus merelakan rumahnya rusak parah, akibat hantaman ombak tinggi yang setiap tahun terjadi, “ Sudah ada dua rumah yang hancur karena hantaman ombak. Kalau air pasang, biasanya masuk sampai ke dalam rumah. Tidak jarang kami terpaksa mengungsi, karena takut, kami pulang jika air laut sudah surut, “ pungkasnya.

Warga berharap, pemerintah segera mengambil langkah, agar mereka bisa hidup tenang, tanpa dibayangi rasa takut akibat abrasi. Turut serta dalam kunjungan Gubernur, diantaranya unsur Forkopimda, dan beberapa pimpinan OPD lainnya. (Thaya)

 

 

__Terbit pada
10/01/2021
__Kategori
Pemerintahan