Bersama warga, Anggota TNI dari Kodim 1402/Polmas sedang memperbaiki salah satu jembatan yang rusak di Desa Riso, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar, akibat terjangan air luapan sungai, Kamis (14/01/2021). IST

Bantu Korban Longsor Kalimbua, Seratusan Anggota Kodim 1402/Polmas Diterjunkan

TAPANGO, – Sedikitnya seratusan anggota TNI dari Kodim 1402/Polmas, diterjunkan untuk membersihkan material longsor yang menerjang rumah warga di Desa Kalimbua, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar. Longsor terjadi rabu sore kemarin (13/01), sekira pukul 15:00 wita.

Berbekal alat seadanya, para anggota TNI bersama warga rela berjibaku dengan lumpur, untuk menyingkirkan tanah bercampur bebatuan dan batang pohon, yang merusak sedikitnya lima rumah warga setempat.

Komandan Kodim (Dandim) 1402/Polmas Letnan Arh Hari Purnomo, S.Hub.Int., M. Han,  yang ikut terjun langsung mendampingi anggotanya mengatakan, peristiwa longsor yang terjadi akibat tinggi curah hujam, tidak hanya merusak rumah tetapi juga memutus akses jalan, “ Selain itu, beberapa ruas jalan juga terputus akibat longsoran tanah yang terkikis luaran arus sungai, “ kata Hari Purnomo di lokasi kejadian, Kamis (14/01/2021)

Selain itu, Hari menyebut, sedikitnya dua jembatan penghubung antar dusun di daerah ini roboh akibat terjangan air sungai yang meluap, “ diantaranya jembatan di Dusun Rombo-Rombo, Desa Riso dan Jembatan gantung di Desa Tapango yang menghubungkan Desa Tapango Barat. Keduanya roboh lantaran tak sanggup menahan luapan air sungai walian, “ ungkapnya.

Selanjutnya kata Hari, kegiatan digelar bersama puluhan anggota Polro, BPBD, Mahasiswa, Pramuka Saka Wira Kartika dan warga, “ Untuk itu, anggota kita bagi, sebagian dikerahkan untuk membuat jembatan darurat berbahan kayu dan bambu, agar aktifitas warga tidak terhambat, “ terangnya.

Hari juga mengimbau warga setempat, agar sementara waktu meninggalkan rumahnya, lantaran kondisi cuaca yang masih buruk, dikhawatirkan menyebabkan terjadinya longsor susulan.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan, anggota koramil 1402-02/Wonomulyo, terutama para Babinsa di Kecamatan Tapango disiagakan, untuk mendampingi warga pasca bencana, baik secara fisik maupun moril. (Thaya)

 

 

__Terbit pada
14/01/2021
__Kategori
Sosial