Pulihkan Ekonomi Nelayan Akibat COVID-19, Gubernur Sulbar Serahkan Bantuan Mesin 

SULBAR,- Masyarakat nelayan di Desa Ba’babulo, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar). Bantuan diberikan, untuk memulihkan ekonomi masyarakat nelayan akibat dampak COVID-19.

Bantuan berupa dua unit mesin katinting berkekuatan 13 PK dan 9 PK, serta dua rol tali rumpun sepanjang 80 meter yang diperuntukkan bagi empat kelompok nelayan, diserahkan langsung Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Sulbar, Dr. Fadly Syamsuddin.

” Kunjungan kita kali ini dalam rangka memberikan bantuan kepada warga nelayan berupa mesin katinting dan rumpon. Mudah -mudahan digunakan dengan baik, serta dirawat dengan baik oleh masyarakat, agar bertahan lama dan memberikan manfaat yang lebih besar, “ kata Ali Baal Masdar, saat menyerahkan bantuan, Sabtu (28/11/2020).

Ali Baal mengaku, akan menyiapkan cold storage atau ruangan yang dirancang khusus untuk kondisi suhu tertentu, sehingga dapat menyimpan berbagai macam hasil tangkapan laut para nelayan, sehingga tidak cepat rusak.

” Kedepan, kita rencanakan,  untuk kapal-kapal besar bertenaga dari 30 sampai 60 GT. Biar bisa menjangkau seluruh nusantara dan hasilnya dikirim ke luar negeri, “ ungkap Ali Baal.

Salah satu nelayan Ba’babulo Baharuddin mengaku bersyukur. Bantuan yang diberikan diakui bisa meringankan kesulitan yang mereka rasakan, lantaran pendapatan yang menurun akibat terdampak pandami COVID-19, diperparah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu.

”  Alhamdulillah kita sangat bersyukur karena sudah ada bantuan dari pemerintah berupa mesin katinting, apalagi saat ini ada corona jadi kita tidak bisa bebas lagi serba terbatas untuk melaut, dengan adanya bantuan Pemerintah Sulbar ini masyarakat sangat terbantu,” tandasnya. (Thaya)

__Terbit pada
28/11/2020
__Kategori
Pemerintahan