Direktur YAMANDO, Fredy Akbar K, melakukan home care, salah satu penderita ODGJ di Kabupaten Polewali Mandar. IST

Home Care YAMANDO, Wujudkan Keterjangkauan Kesehatan ODGJ

POLEWALI,- Yayasan Mandar Indonesia (YAMANDO) kembali melaksanakan Program Home Care, terhadap 10 penderita disabilitas mental atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), di Kabupaten Polewali Mandar.

Kegiatan digelar bersama Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat serta Puskesmas Mapilli dan Puskemas Batupanga.

Sebelumnya, TIM dari YAMANDO telah melakukan edukasi dan peningkatan pemahaman, kepada masing-masing Care Giver atau keluarga yang merawat penderita, agar memiliki kemampuan lebih dalam melakukan pendampingan terhadap ODGJ, “ Kita telah melakukan pertemuan dengan care giver, melibatkan dokter ahli jiwa Rumah Sakit Umum Daerah Polewali Mandar, sebagai narasumber dan juga sebagai konselor dan psikiater untuk kesepuluh ODGJ tersebut, “ kata Direktur YAMANDO, Fredy Akbar K, melalui rilis kepada wartawan, Minggu (29/11/2020).

Selanjutnya kata Fredy, pada hari kedua hingga hari kelima, TIM melakukan kunjungan dengan konsep Home Care, melibatkan masing-masing perawat pelaksana sebagai mitra, “ Kunjungan tersebut untuk melakukan perawatan rumah, “ ungkapnya.

Kepala UPTD Puskesmas Mapilli H Saldy Kursani, mengaku mengapresiasi kegiatan yang digagas YAMANDO, dalam melakukan pendampingan penderita ODGJ, serta bersinergi dengan pelaksana program kesehatan jiwa melaksanakan kegiatan Home Care, “ Kami sangat mengapresiasi langkah teman-teman Yamando, untuk melakukan kerjasama dengan pelaksana program kesehatan jiwa kami di Puskesmas Mapilli. Kegiatan seperti ini memang sangat bermanfaat kepada pasien, minimal menjadi kesempatan kita bersama untuk bergerak dan bekerja bersama sama, ” pungkas Saldy.

Selain melakukan pendampingan, pada kesempatan sama,  TIM YAMANDO, juga menyerahkan bantuan dari Seksi Rehabilitasi Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Barat, kepada 10 penyandang disabilitas mental. (Thaya)

 

__Terbit pada
30/11/2020
__Kategori
Sosial