Unika Ubah Pola KKN Putus Penularan Covid-19

MAMUJU- Tahun ini Universitas Tomakaka (Unika) menurunkan sekitar 430 mahasiswa dalam program kuliah kerja nyata (KKN) Tematik. Program ini berjalan selama 40 hari, dimulai sejak tanggal 13 Oktober.

Rektor Unika, Syahril, menjelaskan pelaksanaan KKN tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Mengambil pola tematik dengan konsep back to village.

“Konsep ini sengaja kami usung demi menekan penyebaran Covid-19. Jadi kami kembalikan semua masiswa ke rumahnya atau lingkunganya sehari-hari dan melaksanakan pengabdian di sana,” terang Syahril, Rabu 14 Oktober.

Dalam menjalankan program KKN, lanjut Syahril, setiap mahasiswa wajib melaksanakan dan mengkampanyekan protokol kesehatan. Diantaranya, rajin cuci tangan, pakai masker, jaga jarak dan menjaga kesehatan dengan olahraga yang cukup.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Ombudsman Sulbar Lukman Umar mengapresiasi program KKN Tematik yang dijalankan oleh Unika. Menurut Lukman, program tersebut sudah sejalan dengan semangat penekanan penyebaran Covid-19.

“Melaksanakan KKN dengan kondisi hari ini memang rawan menimbulkan kluster baru dan itu akan berdampak langsung kepada masyarakat. Makanya kita apresiasi Unika Mamuju bisa menerapkan KKN model seperti ini,” ujar Lukman, kemarin.

Lukman menambahkan, selama melaksanakan kegiatan KKN Tematik di kantor Ombudsman Perwakilan Sulbar, mahasiswa harus mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan di lingkungan kerja Ombudsman RI.

Lukman berharap kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa Unika di kantornya mulai Oktober sampai November mendatang berjalan lancar dan menghasilkan hal yang bermanfaat bagi insan Ombudsman secara khusus dan masyarakat secara umum serta bagi mahasiswa itu sendiri.

Sementara itu, salah satu mahasiswa KKN Tematik Unika, Muh Ali Akbar, menegaskan komitmenya menjalankan protokol kesehatan selama melaksanakan KKN.

“Ini sudah menjadi komitmen kami para mahasiwa dan pihak kampus. Agar penyebaran Covid-19 bisa terkontrol,” tandas Ali Akbar. (sul/red)

__Terbit pada
22/10/2020
__Kategori
Pendidikan