Puluhan warga mendatangi Kantor Lurah Mapilli, menuntut Lurah Mapilli Anwar SE, memutuskan kaling berdasarkan hasil survei, Jumat (04/09/20).

Tuntut Penentuan Kaling, Puluhan Warga Geruduk Kantor Lurah Mapilli

MAPILLI,- Puluhan warga menggeruduk Kantor Lurah Mapilli, di Jalan Trans Sulawesi, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, Jumat pagi (04/09/20).

Mereka mendesak Lurah Mapilli Anwar SE, segera memutuskan Mahmuddin, sebagai kepala lingkungan (kaling) Ilham terpilih, berdasarkan hasil survei yang dilakukan pemerintah setempat.

Suasana sempat memanas, lantaran beredar kabar, Lurah Mapilli memilih nama lain sebagai kaling, tidak berdasarkan hasil survei. Adu mulut antara warga dengan pihak kelurahan dan kecamatan tidak terelakkan, setelah pihak kelurahan mengusulkan untuk melakukan pemilihan secara langsung.

“ Bapak awalnya bilang dan melarang kalau ada pemilihan langsung, linglung ? Kenapa ada lagi seperti ini, bapak tawarkan lagi “, ungkap salah seorang warga, Reski dengan nada kesal.

“ Maunya kita langsung angkat saja (Mahmuddin sebagai kaling), karena survei telah menentukan “ sambung Reski.

Kekesalan juga diungkapkan Suki. Dia mengecam sikap Lurah Mapilli, yang dianggap mengambil kebijakan tidak sesuai dengan kesepakatan rapat terkait pemilihan kaling Ilham, “ Terlalu banyak aturan baru dibuat pak lurah, yang tidak ada di dalam rapat. Apa dasarnya bapak buat aturan baru lagi “, tanya Suki dengan nada emosi.

Menanggapi desakan warganya, Lurah Mapilli Anwar SE, akhirnya memutuskan menunjuk Mahmuddin sebagai kaling Ilham, “ Kita berharap, kaling terpilih bisa melaksanakan tugas dengan baik, dan masyarakat tidak terprovokasi “, ujarnya .

Kendati mengaku memiliki kewenangan untuk menunjuk kaling secara langsung, Anwar mengaku tidak menempuh jalan itu lantaran menghindari benturan dengan warga, “ Dalam aturan memang ada kewenangan penunjukkan langsung, cuman karena kita menghindari benturan, makanya dilakukan penjaringan “, jelasnya.

Sebelumnya diketahui pada bulan Juli lalu, pemerintah setempat, bersama tokoh masyarakat dan pihak terkait,  mengadakan pertemuan untuk mengisi posisi kaling ilham, yang sedang kosong.

Pertemuan tersebut menghasilkan tiga nama calon kaling, yaitu Mahmuddin, Farhan dan hasan.

Diketahui, hasil survei merupakan salah satu indikator untuk menentukan calon kaling, selain verifikasi berkas dan wawancara calon kaling terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) kaling. (Thaya)

 

__Terbit pada
04/09/2020
__Kategori
Pemerintahan, Sosial