Sejumlah pemuda lintas komunitas, berjibaku membersihkan sampah di pesisir pantai Kampung Baru, Kelurahan Lantora, Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar, Minggu pagi (20/9/2020). IST

Pesisir Pantai Lantora Dibersihkan, Tiga Ton Sampah Terangkut

POLEWALI,- Sejumlah komunitas kepemudaan di Kabupaten Polewali Mandar, berjibaku membersihkan sampah yang berserakan di pinggir pantai.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati World Cleanup Day (WCD), berlangsung di kawasan pesisir pantai Kampung Baru, Kelurahan Lantora, Kecamatan Polewali, Minggu pagi (20/9/2020).

Sedikitnya tiga ton sampah yang terkumpul, terlebih dahulu dipilah sebelum diangkut menuju tempat pembuangan akhir (TPA), di Desa Amola, Kecamatan Binuang, “ Berdasarkan data, ada sedikitnya tiga ton sampah yang berhasil terkumpul dalam kegiatan bersih-bersih pantai ini. Hari ini juga dilakukan pemilahan sampah oleh adik-adik “, kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Polewali Mandar, Hikmah kepada wartawan.

Hikmah menyebut, pihaknya akan terus melakukan pembinaan kepada warga, terkait pengelolaan sampah, yang sebagian besar diantaranya masih memiliki nilai ekonomi, “ Ini akan kami kawal terus, melakukan pembinaan pada masyarakat termasuk adik-adik komunitas di sini. Apalagi, hasil pemilahan sampah akan ditimbang di bank sampah karena ada nilai rupiahnya “, ujarnya.

Sementara itu, pembina Komunitas Littoral selaku penanggung jawab kegiatan, Armansyah Puang Kuma,  mengungkapkan pentingnya keberadaan pantai dan laut di daerah ini, sebagai sumber kehidupan warga sekitar, yang umumnya berprofesi sebagai pembudidaya rumput laut, “ Untuk itu, kami berharap, kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran warga, akan pentingnya menjaga pantai dan laut dari sampah “, ungkap pria ahli olah raga bela diri ini.

Menurut Arman, membersihkan pantai merupakan kegiatan kedua yang digelar di daerah ini. Sebelumnya pihaknya telah melakukan edukasi dan melakukan pendataan sampah rumah tangga warga setempat, “ Ini kegiatan kedua kalinya, sengaja kita gelar di sini agar masyarakat sadar bawah pantai dan laut ini bukan tempat untuk membuang sampah. Beberapa rangkaian kegiatan, juga sudah kami lakukan, salah satunya melakukan sosialisasi dan mendata sampah rumah tangga warga di daerah ini “, pungkasnya.

Kegiatan bersih-bersih pantai ini turut diikuti perwakilan sejumlah intansi, pelajar, organisasi PMI dan PPNI di daerah ini. (Thaya)

 

__Terbit pada
20/09/2020
__Kategori
Sosial