Kepala Desa Baru Yudianto Syahrir, menyerahkan bantuan masker secara simbolis kepada Ibu PKK, untuk didistribusikan kepada warga di daerah ini. IST

Pemdes Baru Bagikan 6000 Masker Gratis

LUYO,- Pemerintah Desa Baru, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar, kembali membagikan sedikitnya 6000 masker gratis buat warga setempat.

Penyaluran masker gratis untuk kedua kalinya tersebut, dilakukan sebagai tindak lanjut Gerakan Setengah Miliar Masker untuk Desa Aman Covid-19, yang diprogramkan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar.

“ Jumlah masker yang dibagikan sebanyak 6000 lembar. 4000 masker untuk orang dewasa, 1000 masker untuk anak-anak, serta 1000 masker khusus untuk wanita berjilbab “, kata Kepala Desa Baru Yudianto Syahrir melalui pesan singkat kepada wartawan, Senin (07/09/020).

Menurut Yudianto, distribusi masker gratis ini dilakukan melibatkan para Kepala Dusun, Ibu Penggerak PKK (Pembina Kesejahteraan Keluarga), Karang Taruna, Dasawisma dan Bidan Desa, bersamaan dengan penyaluran bantuan sosial untuk warga setempat, “ Sejak kemarin sudah dibagikan kepada warga secara door to door, ada juga dibagikan saat proses penyaluran bantuan sosial di kantor desa, seperti BLT, BST, PKH dan BNPT “, bebernya.

Diakui, proses pendistribusian masker disertai dengan daftar penerima, “ Semua yang membagikan masker menggunakan daftar penerima dan wajib membubuhkan tanda tangan, sehingga tidak ada yang doubel “, ungkap Yudianto.

Selain itu, Yudianto juga menyebut, biaya pengadaan masker gratis ini bersumber dari dana desa dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), “ Masker kita pesan sesuai dengan petunjuk kementrian yaitu masker scuba, dan yang mengelolahnya adalah Bumdes “, terangnya.

Yudianto berharap, pendistibusian masker gratis yang telah dilakukan untuk kedua kalinya ini, bisa meningkatkan kesadaran warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, demi memutus rantai penularan Covid-19, “ Semoga upaya yang kita lakukan, bisa membuat warga sadar, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya memakai masker “, pungkasnya. (Thaya)

 

 

 

__Terbit pada
07/09/2020
__Kategori
Pemerintahan, Sosial