Salah satu pelanggar protokol kesehatan yang terjaring razia, jalani sanksi sosial dengan menyapu jalan di sekitar pasar tradisional Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu siang (23/9/2020)

Melanggar Protokol Kesehatan, 30 Warga Wonomulyo Jalani Sanksi Sosial di Pasar

WONOMULYO,- Sedikitnya 30 warga Kabupaten Polewali Mandar, jalani sanksi sosial dengan membersihkan jalanan hingga melakukan push up.

Puluhan warga ini terjaring melanggar protokol kesehatan, dalam razia yang digelar petugas gabungan, di sekitar kawasan pasar tradisional Kecamatan Wonomulyo, Rabu siang (23/9/2020).

“ Saya lupa pak, soalnya dekatji rumahku “, kilah Wawan, salah seorang pelanggar, “ Anu pak, tadi saya buru-buru jadi tidak pakai masker “, timpal pelanggar lainnya Iwan, saat terjaring razia.

Sejumlah remaja pelanggar protokol kesehatan, terjaring razia yang dilakukan petugas gabungan, di sekitar kawasan pasar tradisional, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu siang (23/9/2020).

Salah satu petugas trantib Kecamatan Wonomulyo, Yudi mengatakan, razia digelar menindaklanjuti Peraturan Bupati (Perbup) Polewali Mandar Nomor 32 Tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, sebagai upaya pencegahan dan pengendalian coronavirus disease 2019 atau COVID-19, “ Tujuan utama kami melakukan razia masker, dalam hal ini, setelah beberapa hari kami melakukan sosialisasi dengan Satgas Covid-19, tadi masih ada beberapa warga yang kami temukan tidak memakai masker, kami berikan tindakan karena melanggar perbup 32 tahun 2020 tentang penegakan protokol kesehatan, makanya kami berikan sanksi berupa kerja sosial “, kata Yudi kepada wartawan usai melaksanakan razia.

Diakui Yudi, pemberlakukan Perbup penegakan protokol kesehatan yang dibarengi sanksi tegas, efektif meningkatkan kesadaran warga untuk mematuhi imbauan pemerintah, demi mencegah penularan virus corona, “ Alhamdulillah tingkat kesadaran warga untuk menerapkan protokol kesehatan sudah mencapai 70 persen. Adapun beberapa warga yang masih bandel, karena mereka belum mengetahui informasi perbum. Apalagi Wonomulyo ini pusat berdatangannya orang dari berbagai daerah “, ungkapnya.

Kendati demikian, Yudi mengaku, pihaknya bersama Satgas Covid-19 Kecamatan Wonomulyo,  akan terus melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan dibarengi pemberian sanksi, “ Kami akan terus menyampaikan kepada masyarakat, agar selalu memakai masker saat beraktivitas, karena kami akan terus melakukan sosialisasi dibarengi tindakan sanksi kerja sosial. Apalagi, hari ini ada sekitar 30 masyarakat yang masih belum memakai masker, alhamdulillah mereka sudah berjanji dan sadar akan pentingnya memakai masker “, pungkasnya.

Berdasarkan pantauan wartawan, beberapa warga yang terjaring razia, sempat merajuk kepada petugas menolak melaksanakan sanksi sosial karena merasa malu. Ada juga pelanggar yang menolak menyapu jalanan namun memilih melakukan push up. (Thaya)

 

__Terbit pada
23/09/2020
__Kategori
kesehatan, Sosial