Sejumlah petugas memakai alat pelindung diri, berkumpul usai melakukan pengambilan swab terhadap sepuluh warga, di Pukesmas Wonomulyo, Kecamatn Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Rabu siang (08/07/20).

Reaktif Corona, Dua Santri Jalani Pengambilan Swab di PKM Wonomulyo

WONOMULYO,- Sedikitnya sepuluh warga Kabupaten Polewali Mandar (Polman), mengikuti pengambilan swab karena terindikasi kontak dengan pasien corona.

Kesepuluh warga ini, 9 diantaranya berasal dari Kecamatan Wonomulyo dan 1 lainnya dari Kecamatan Campalagian.

Proses pengambilan swab berlangsung tertutup di Puskesmas Wonomulyo, Kecamatan Wonomulyo, Rabu siang (08/07/20).

Sejumlah petugas yang memakai alat pelindung diri hazmat, tampak sibuk membawa sejumlah warga ke ruangan khusus, untuk diambil swab.

Kepala UPTD Puskesmas Wonomulyo, dr Arfah mengatakan, sebelum melakukan pengambilan swab, warga terlebih dahulu mengikuti rapid test, “ Untuk hari ini langsung semua pengambilan swab, setelah sebelumnya dilakukan rapid test seminggu yang lalu “ ujarnya kepada wartawan di kantornya.

Kata dia, warga yang mengikuti pengambilan swab adalah keluarga pasien terkonfirmasi corona, “ Untuk dari wonomulyo tidak ada yang reaktif, tetapi mereka adalah keluarga pasien yang terkonfirmasi corona “ jelas Arfah.

Pada kesempatan sama, Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Wonomulyo Samiaji mengungkapkan, beberapa warga yang mengikuti swab, adalah pelaku perjalanan diketahui reaktif corona ketika hendak meminta surat keterangan sehat pada petugas.

“ Ini ada santri dari dua pesanteren di pulau Jawa, rencananya mereka mau kembali ke pesantren, cuman pas mereka meminta untuk dirapid mereka positif (reaktif) “ jelas Samiaji.

Menurut Samiaji, untuk mencegah penularan virus corona, pihaknya terus berupaya mengedukasi warga terkait penerapan protokol kesehatan, “ Kita sudah melaksanakan edukasi terhadap warga, tetangga, keluarga pasien yang positif, untuk mencegah penularan virus “ pungkas Samiaji.

Usai mengikuti pengambilan swab, warga diimbau untuk sementara waktu melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing, sambil menunggu hasil swab mereka beberapa hari mendatang.

Berdasarkan pantauan, usai pengambilan swab, area Puskesmas langsung disterilkan oleh salah seorang petugas yang melakukan melakukan penyemprotan cairan desinfektan. (Thaya)

 

 

 

__Terbit pada
08/07/2020
__Kategori
kesehatan