Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat periode 2020-2024, dilantik Gubernur Ali Baal Masdar. Pelantikan berlangsung di kantor Gubernur, Senin (27/07/20) kemarin. Sumber Foto - Istimewa

Dua dari Lima Komisioner KI Sulbar Wajah Lama

SULBAR,- Anggota Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Barat periode 2020-2024, dilantik Gubernur Ali Baal Masdar. Pelantikan berlangsung di kantor Gubernur, Senin (27/07/20) kemarin. Dari lima orang komisioner lembaga independen tersebut, dua orang adalah wajah lama. Anggota KI periode sebelumnya yang terpilih kembali pada periode baru.

Penetapan lima komisioner KI Sulbar periode 2020-2024, sesuai Keputusan Gubernur Sulbar Nomor 188.4/262/Sulbar/VII/2020. Mereka terdiri Dul Haj Muchtar Mahmud, Andi Fachriadi Kusno, Bakhtiar Ahmad, Asia Rahim, dan Surakhmat. Komisioner KI Sulbar wajah lama, adalah Dulhaj Muchtar dan Andi Fachriadi.

Gubernur Sulbar dalam sambutannya berharap para komisioner KI yang baru dilantik, bekerja dengan baik mengemban tugas kepercayaan yang diamanahkan. Para komisioner KI merupakan representase rakyat, diharap bekerja maksimal mendorong tereujunya keterbukaan informasi publik sesuai ketentuan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dikatakan, KI sebagai lembaga yang bersifat independen, dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya yang diatur dalam perundang-undangan, perlu selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah daerah, badan-badan publik dan masyarakat. Dia berharap juga KI Sulbar memaksimalkan sosialisasi kepada badan-badan publik dan masyarakat.  “Dengan sosialisasi yang memadai, semua pihak akan mengetahui hak dan kewajibannya terkait keterbukaan informasi,” ujar Ali Baal Masdar.

Mantan bupati Polewali Mandar dua periode itu mengatakan, keterbukaan informasi harus tetap berpedoman pada ketentuan yang telah ditetapkan. “Keterbukaan informasi bukan berarti terbuka sebebas-bebasnya. Melainkan keterbukaan yang berpedoman pada aturan yang berlaku,” tegasnya.

Wakil Ketua III DPRD Sulbar Abdul Rahim,  menyebut komposisi keanggotaan KI yang baru, diharap dapat menunjukkan kinerja yang lebih baik. “Mimal mempertahankan capaian dan prestasi komisioner sebelumnya.” tandas Rahim dalam sambutannya pada acara tersebut. (ADVETORIAL)

__Terbit pada
28/07/2020
__Kategori
Pemerintahan