Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, secara simbolis menyerahkan bantuan buat UMKM - IKM di Kabupaten Mateng, Selasa (28/07/20) kemarin. Sumber Foto - Istimewa

Berkunjung ke Mateng, Ali Baal Serahkan Bantuan untuk UMKM – IKM

MATENG,- Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Selasa (28/07/20) kemarin.

Pada kesempatan itu, Ali Baal menyerahkan bantuan UMKM dan IKM Pemprov Sulbar melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM kepada masyarakat Tobadak  yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bantuan diserahkan Gubernur secara simbolis, didampingi Bupati Mateng , Aras Tammauni, di Aula Kantor Bupati Mateng, ” Pemprov Sulbar melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian dan UKM Sulbar memberikan bantuan modal bagi UMKM dan IKM yang terdampak resiko pandemi Covid-19 di Mamuju Tengah sebanyak 271 UMKM dan IKM, ” kata Ali Baal Masdar.

Menurut Ali Baal, berdasarkan data, UMKM dan IKM di Sulbar mengalami sejumlah masalah akibat pandemi Covid-19, diantaranya terjadinya penurunan jumlah pembeli, berimbas pada omzet, hingga menggaggu proses produksi dan pemasaran.

Pelaku usaha juga kesulitan mengatur modal, lantaran melonjaknya harga bahan baku industri yang semakin langka di pasaran. Akibatnya pelaku usaha kesulitan membayar kredit usaha dan faktor lain yang semuanya berdampak pada menurunnya keberadaan UMKM dan IKM secara ekonomi, ” Kita berharap bantuan modal ini yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat agar dapat dimanfaatkan dangan baik, betul-betul digunakan untuk menghidupkan kembali usahanya sehingga perekonomian kita dapat dipulihkan,” pungkas Ali Baal.

Sementara itu, Bupati Mateng Aras Tammauni, mengaku daerahnya merupakan salah satu wilayah terdampak Covid-19. Kondisi itu mengakibatkan terganggunya perekonomian dan kesehatan warga.

kurangnya aktifitas ekonomi warga di masa pandemi, diakui Aras, sebagai bentuk ketaatan warga di daerah ini pada imbauan pemerintah, ” Salah satu sektor yang terdampak Covid-19 adalah UMKM dan IKM di Mateng, sehingga perlu mendapat perhatian dari kita semua kepada sektor itu, guna melangsungkan usaha mereka kembali dalam rangka mengurangi kemiskinan dan menyerap tenaga kerja untuk menghidupkan perekonomian daerah,” ungkap Aras.

Aras berharap, seluruh stakeholder bersatu mengatasi masalah yang dialami masyarakat  di masa pendemi Covid-19, “” Pemerintah tidak dapat berjalan sendiri tanpa bantuan dari semua stakeholder yang ada,” tandasnya.

Adapun UMKM yang mendapatkan variant modal sebanyak 92, sedangkan IKM yang mendapat bantuan modal sebanyak 179 dengan jumlah keseluruhan bantuan modal sebesar Rp. 671 juta dengan teknis penyerahan ditransfer langsung kerekening para pelaku UMKM dan IKM sesuai daftar penerima bantuan modal terdampak Covid -19.

Kegiatan turut dihadiri Kajati Sulbar Darmawel Aswar,  Wakapolda Sulbar Brigjen Pol. Endi Sutendi, Wakil Bupati Mateng Muh. Amin Jasa.,  Wakil Ketua I DPRD Mateng, Herman MT, para pimpinan OPD Lingkup Pemprov Sulbar dan Pemkab Mateng serta undangan lainnya. (ADVETORIAL)

 

 

__Terbit pada
29/07/2020
__Kategori
Pemerintahan