Latihan tempur melibatan KRI Fatahillah 361 KRI Pandrong 801 di bawah jajaran Guskamla II, berlangsung di Perairan Mamuju, selasa Siang (28/07/20). Sumber Foto - Istimewa

Asah Kemampuan, 2 KRI Latihan Tempur di Perairan Mamuju

MAMUJU,- Dua kapal perang milik TNI AL Republik Indonesia, melakukan latihan tempur di perairan Mamuju, Sulawesi Barat.

Latihan tempur melibatan KRI Fatahillah 361 dengan komandan Letkol Laut (P) Agus Setyawan, S.H, dan KRI Pandrong 801 dengan komandan Mayor Laut (P) Novyan, S.H., M. Tr, di bawah jajaran Guskamla II, berlangsung selasa Siang (28/07/20).

Dalam latihan bersama KRI Fatahillah-361 bersama KRI Pandrong-801, melaksanakan serial latihan Replenishment at Sea (RAS) dan Flaghoist, bertujuan meningkatkan sea endurance atau ketahanan di laut dan kemampuan kirim terima pesan rahasia menggunakan isyarat bendera.

Terlaksananya latihan tempur melibatkan dua KRI, diharapkan dapat menjaga profesionalisme dan mengasah kemampuan Prajurit KRI, agar selalu siap siaga dalam melaksanakan tugas operasi yang diemban, dimanapun dan kapanpun.

“ Kita melaksanakan latihan yang sifatnya untuk menjaga profesionalisme prajurit agar selalu terjaga kesiapsiagaannya dalam menjalankan tugas operasi yang sedang dilaksanakan “ kata Asisten Operasi Guskamla II, Kolonel Laut (P) Syamsuddin kepada wartawan.

Syamsuddin menyebut beberapa latihan yang diperagakan. Selain manuver taktis juga latihan perang tempur bahaya udara, “ Ada beberapa latihan, mulai manuver taktis, latihan pembekalan di laut bahkan sampai dengan latihan perang tempur bahaya udara “ bebernya.

Ia juga menyebut, latihan bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan pangkalan TNI AL Mamuju mendukung unsur gelar dalam melaksanakan bekal ulang, “ Harapan dari pelatihan ini, yang pertama untuk menjaga profesionalisme prajurit KRI agar selalu siap siaga melaksanakan tugas operasi yang sedang diemban, ingin memberikan kepada kesiapsiagaan pangkalan mendukung unsur-unsur gelar dalam melaksanakan bekal ulang di pangkalan “ pungkas Syamsuddin. (Thaya)

__Terbit pada
28/07/2020
__Kategori
Polhukam