Keributan antar warga yang terjadi di Desa Banua Baru, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Kamis sore (11/06/20). Keributan terjadi, akibat beda pendapat terkait penanganan warga yang diduga kontak erat dengan pasien terkonfirmasi corona.

Beda Pendapat Penanganan Kontak Pasien Corona, Warga Wonomulyo Terlibat Keributan

WONOMULYO,- Sejumlah warga di Polewali Mandar, terlibat keributan lantaran beda pendapat terkait penanganan warga yang diduga merupakan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi corona.

Tidak hanya terlibat adu mulut, warga juga nyaris baku pukul hingga memicu ketegangan dan kepanikan.

Insiden terjadi di Desa Banua Baru, Kecamatan Wonomulyo, Kamis sore (11/06/20). Peristiwa bermula, ketika petugas medis dari Puskesmas didampingi Satgas Covid-19 Kecamatan Wonomulyo, hendak menjemput sedikitnya 12 warga setempat untuk diperiksa di rumah sakit, lantaran diketahui telah terlibat kontak erat dengan pasien corona.

Sebelumnya petugas medis telah berupaya memberikan penjelasan, terkait langkah penanganan terhadap warga yang diduga terlibat kontak dengan pasien terkonfirmasi. Namun warga yang emosi, enggan menerima penjelasan petugas.

“ Terjadi kesalah pahaman antara warga, makanya tadi terjadi seperti itu, alhamdulillah masyarakat akhirnya mengerti sehingga warga yang rencananya akan kita bawa untuk dites sekarang sudah ada di pramata “ kata Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Wonomulyo, Samiaji kepada wartawan.

Menurut Samiaji, kesalah pahaman terjadi, lantaran satu kelompok menuntut warga yang dijemput langsung dikarantina di rumah sakit, sementara kelompok lainnya menginginkan mereka jalani karantina mandiri di rumah masing-masing, “ Kesalah pahaman karena ada warga yang menginginkan mereka jalani karantina mandiri di rumahnya, ada juga warga yang menghendaki mereka karantina di rumah sakit “ terangnya.

Ketegangan mereda, setelah personel kepolisian dari Polsek Wonomulyo tiba di lokasi kejadian.

Polisi juga melakukan pengawalan ketat , proses penjemputan warga yang akan jalani pemeriksaan di rumah sakit, untuk mengantisipasi terjadinya hal tidak diinginkan.

Sedikitnya dua warga di daerah ini diketahui terkonfirmasi Covid-19, usai melakukan perjalanan dari Kabupaten Boul , Sulawesi Tengah. Keduanya telah menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Polewali Mandar. (Thaya)

__Terbit pada
11/06/2020
__Kategori
kesehatan, Peristiwa