Tito : Butuh Keseriusan Seluruh Stakeholder Memerangi Covid-19

SULBAR,- Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri) Tito Karnavian, menggelar rapat Tim Program Jaring Pengaman Sosial melalui  Video Conference (VC), diikuti Kepala daerah se-Indonesia, Kamis (09/04/20).

Tito Karnavian berharap, Covid-19 bisa segera ditangani karena telah menimbulkan dampak luas di masyarakat, “ Melalui video conference ini kita berharap  covid-19 ini bisa segera ditangani secara cepat, sebab dampaknya sudah berimbas pada krisis ekonomi,   tetapi jangan sampai berlanjut menjadi krisis sosial  dan tidak berlanjut pada krisis keamanan. Untuk itu Social Safety Net atau jaring pengaman sosial, harus terus bekerja jangan sampai krisis ekonomi berlanjut ke krisis sosial,” kata Tito dalam rapat tersebut.

Menurut Tito, dibutuhkan keseriusan dari seluruh stakeholder terkait, baik pemerintah pusat maupun seluruh pemerintah daerah di pelosok negeri, dalam memerangi Covid-19, ” Dalam kebersamaan, Indonesia diharapkan mampu bangkit lebih cepat dari dampak buruk penyebaran Covid-19 yang telah merembes pada perekonomian,” ujar Tito.

Ia menambahkan, pemerintah dapat mencegah penyebaran penularan Covid-19, dan meningkatkan kapasitas system kesehatan dari daerah masing-masing, termasuk dari segi ketahanan pangan, pengamanan sosial berupa Alat Pelindung Diri (APD), masker dan pembuatan hand sanitizer.

“Apresiasi yang sangat besar sekaligus rasa terimakasih  diucapan yang sebesar-besarnya kepada kepala daerah yang mampu memberikan ide-ide kreatif dan inovatif, seperti di Bayuwangi yang telah membuat APD sendiri, begitu juga kepada daerah-daerah yang telah membuat hand sanitizer terutama di Sulawesi Utara, Gorontalo, Bali dan daerah lainnya. Saya kira inovasi-inovasi ini saya harap dapat terus berlanjut,” pungkasnya

Untuk Pemprov Sulbar, rapat diikuti Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, bersama Sekprov Sulbar Muhammad Idris, Asisten I Bidang Pemerintahan M. Natsir dan sejumlah pimpinan OPD lingkup Pemprov Sulbar, di ruang Oval lantai 3  Kantor Gubernur Sulbar, di Mamuju. (ADVETORIAL)

__Terbit pada
10/04/2020
__Kategori
Sosial