Santri PPM Al-Ikhlas Tour Religi di Makam Todilaling

Foto bersama Puluhan santri Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Ikhlas Lampoko, Campalagian dan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar, saat mengunjungi makam Raja I Balanipa, I Manyambungi, di Desa Napo, Kecamatan Limboro, Sabtu (14/03/20).

LIMBORO,- Puluhan santri Pondok Pesantren Modern (PPM) Al-Ikhlas Lampoko, Campalagian mengunjungi makam Raja I Balanipa, I Manyambungi, di Desa Napo, Kecamatan Limboro, Sabtu (14/03/20).

Kunjungan ke makam raja yang lebih dikenal dengan nama Todilaling, disebut dengan istilah tour religi santri PPM Al-Ikhlas.

Salah seorang guru pendamping, Devi, mengatakan kegiatan yang sama dilakukan ke beberapa lokasi atau obyek yang memiliki nilai budaya dan sejarah awal perkembangan  Islam di Mandar. “Kita membawa santri melakukan tour religi ke sejumlah obyek budaya dan sejarah awal perkembangan Islam di Mandar,” jelas Devi.

Para peserta tour religi, bersyukur mendapat kesempatan mengunjungi obyek-obyek sejarah, untuk lebih melengkapi bahan pelajaran yang diperoleh di ruang kelas. Dengan tour religi, katanya, kita bisa juga melihat langsung dari dekat peninggalan sejarah yang memeng perlu diketahui. “Supaya kita tidak buta sejarah,” kata Mutmainah, santri kelas 7 MTs Al-Ikhlas.

Selain makam Todilaling, peserta tour religi mengunjungi beberapa obyek antara lain makam penyebar Islam Abdurrahim Kamaluddin di Pulau Salama, Kecamatan Binuang, dan makam KH Muhammad Tahir Imam Lapeo.

Kesyukuran peserta tour religi, lebih lengkap karena kunjungannya ke makam Todilaling pada hari yang sama kunjungan Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar. Mereka antusias menyambut kedatangan ABM berdialog singkat lalu foto bersama. (Thaya)