Pasar Malam Wonomulyo Dihentikan Imbas Penyebaran Virus Corona

Petugas membacakan maklumat kapolri kepada para pedagang di Pasar Malam Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Selasa malam (24/03/20). Sumber Foto - Istimewa

WONOMULYO,- Kegiatan Pasar Malam di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar dihentikan. Keputusan diambil, sebagai upaya mencegah penularan Virus Corona atau Covid-19 yang telah menyebar ke berbagai daerah dan merenggut banyak korban jiwa.

“ Dengan ini saya sampaikan, untuk sementara kegiatan pasar malam ditiadakan, saya berharap setelah penyampaian ini tidak ada kegiatan lagi, saya mohon diperhatikan sambil menunggu penyampaian selanjutnya dari pemerintah “, kata Camat Wonomulyo, H Umbar S.Sos kepada pedagang, saat melakukan sosialisasi langkah pencegahan penularan virus corona disertai pembacaan Maklumat Kapolri, terkait peniadaan kegiatan sosial yang melibatkan banyak orang, baik di tempat umum maupun di lingkungan pribadi, Selasa malam (24/03/20).

Keputusan mendapat reaksi beragam dari pedagang. Ada yang patuh dan langsung memasukkan barang dagangannya ke dalam karung. Namun tidak sedikit diantaranya, yang bingung dan meminta solusi, lantaran mengaku kesulitan membayar angsuran pinjaman di Bank, jika tidak berjualan di malam hari.

“ Bagaimana caranya pak kalau kita tidak jualan, kami ada pinjaman kredit di bank yang setiap bulan harus dibayar “ ungkap salah seorang pedagang.

Petugas mengimbau salah satu pengelola Cafe di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, untuk mengurangi jam operasional dalam upaya pencegahan penularan virus corona, Selasa malam (24/03/20). Sumber Foto – Istimewa.

Usai menyampaikan keputusan penghentian pasar malam, Petugas yang terdiri dari Pemerintah Kecamatan Wonomulyo, Kelurahan Sidodadi, TNI-Polri dan Satpol PP, melanjutkan sosialisasi dengan mendatangi sejumlah Warung makan dan  Cafe di daerah ini.

Selain mengimbau pemilik warung dan cafe untuk membatasi jam operasional hingga pukul 22:00 Wita, petugas juga meminta para pengunjung yang didominasi para remaja usia sekolah, agar segera kembali ke rumah masing-masing, dan mengurangi aktifitas di tempat keramaian jika dianggap tidak penting.

Imbauan serupa juga disampaikan petugas pada pengelola minimarket dan sejumlah pengusaha cafe tenda yang berada di sekitar Alun-alun Wonomulyo. Bahkan di tempat ini, petugas sempat menghentikan keberadaan wahana permainan anak, dan membubarkan aktifitas sekelompok remaja, “ Sebelumnya kita juga telah melakukan penyemprotan cairan desinfektan pada tempat umum, harapannya, upaya ini dapat mencegah potensi penularan virus corona, apalagi Kecamatan Wonomulyo merupakan sentra perekonomian, bukan hanya bagi warga di daerah ini, tetapi juga warga di daerah lain “ pungkas Sekcam Wonomulyo, Samiaji, S.Sos.

Sosialisasi dan pengawasan warga yang melakukan aktifitas malam hari di sekitar kecamatan Wonomulyo akan terus dilakukan petugas, hingga masa tanggap darurat akibat penularan Virus Corona, dinyatakan telah berakhir oleh pemerintah. (Thaya)