Mobil Dikendarai Terguling, Warga Ugi Baru Amankan Pencuri Sapi

Tersangka pelaku pencuri sapi berinisial Az (42 tahun), saat beradai di Mapolsek Urban Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Minggu pagi (22/03/20).

MAPILLI,- Warga Desa Ugi Baru, Kecamatan Mapilli , Kabupaten Polewali Mandar, mengamankan seorang pria yang diduga melakukan aksi pencurian seekor sapi di daerah ini, Minggu dini hari (22/03/20). Tersangka berinisial AZ (42 Tahun), warga Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Terungkapnya aksi pencurian yang dilakukan AZ, berawal ketika mobil pick up bernomor polisi DP 8950 CG yang dikendarai membawa sapi curian, terguling di areal persawahan warga.

Saat kejadian, korban bernama Saharuddin mengaku sudah tertidur kemudian terbangun setelah mendengar suara anjing menggonggong, “ Karena khawatir saya akhirnya mengambil senter untuk memeriksa kandang dan melihat salah seekor sapi sudah hilang, setelah saya periksa, tidak jauh dari kandang ada mobil yang terguling di dalam sawah “ kata Saharuddin kepada wartawan.

( Mobil yang dikendarai Az membawa sapi hasil curian, terguling di areal persawahan warga Desa Ugi Baru, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar )

Karena curiga, korban berinisiatif memanggil warga untuk melakukan pemeriksaan, “ Dalam perjalanan menuju lokasi mobil yang terguling, saya lihat ada sapi dengan kondisi terluka, sementara pengemudi mobil yang terguling sudah tidak berada di tempat “ ungkap Saharuddin.

AZ berhasil diamankan warga, lantaran kembali mendatangi lokasi kejadian, dengan maksud mengevakuasi mobil yang dikemudikannya, Minggu subuh, sekira pukul 05:30 Wita, “ Awalnya dia tidak mengaku bahkan beralasan mobilnya terguling sepulang berziarah di makam kerabatnya, tetapi warga tidak percaya, karena tidak mungkin ada warga yang berziarah di makam pada malam hari, apalagi di atas mobil ditemukan bekas kotoran sapi “ jelas Saharuddin bersama sejumlah warga.

Karena menolak mengakui perbuatannya, warga berinisiatif mengepung dan menangkap AZ kemudian diserahkan kepada Polisi.

Saat jalani pemeriksaan di Mapolsek Urban Wonomulyo, AZ akhirnya mengakui perbuatannya. Kepada polisi AZ mengaku, aksi pencurian sapi yang dilakukannya tanpa bantuan orang lain, “ Baru pertama kali pak, saya sendiri, sebelumnya saya tidak pernah mencuri “ ujar Azis di kantor Polisi.

Untuk kepentingan lebih lanjut, barang bukti sapi curian AZ diserahkan kepada pemiliknya untuk dirawat. Polisi masih melakukan penyelidikan, guna memastikan aksi pencurian AZ dilakukan tanpa melibatkan orang lain. (Thaya)