Lawan Covid-19, Dinkes Polman Usulkan Anggaran 1 Miliar

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Polman Andi Suaib Nawawi. Sumber Foto - Istimewa

POLEWALI,- Dinas Kesehatan (Dines) Kabupaten Polman, mengusulkan alokasi anggaran sebesar 1 Miliar, untuk menangani wabah virus corona atau Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Polman Andi Suaib Nawawi, “ Usulan anggaran dari bidang kesehatan, telah disampaikan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Polman dan DPRD Polman sebesar 1 Miliar “ kata Suaib Nawawi saat menggelar konfrensi pers, di Lobi Kantor Bupati Polman, Senin (23/03/20).

Suaib Nawawi mengatakan, usulan anggaran tersebut membengkak lantaran mahalnya pengadaan sejumlah alat medis, “ Kebanyakan barang yang kita butuhkan saat ini tidak tersedia, kalaupun ada harganya sangat mahal melojak sampai seratus persen bahkan lebih, hal itu yang menyebabkan sehingga usulan anggaran mengalami pembengkakan “ ungkapnya.

Menurut dia, saat ini satu drum alkohol sebanyak 250 liter yang awalnya hanya seharga 6 jutaan naik menjadi 13 jutaan per   drum, “ Kenaikan harga juga terjadi pada alat kesehatan lainnya, seperti alat pelindung diri (APD), bahan baku desinfektan, hand sanitizer dan juga masker “ terang Suaib Nawawi.

Kendati demikian, Suaib Nawawi mengaku, pihaknya masih menunggu droping dari Kementrian Kesehatan untuk APD bagi petugas kesehatan yang menangani kasus Covid-19. Apalagi anggaran yang diusulkan juga akan dimanfaatkan sebagai biaya operasional di lapangan.

Hingga hari ini, terdata ada 47 orang di daerah ini yang masuk dalam daftar pengawasan (ODP). 28 orang diantaranya telah dinyatakan aman setelah 14 hari menjalani masa pemantauan, dan tidak menunjukkan tanda-tanda tertular virus corona, sementara 19 orang lainnya masih dalam proses pemantauan.

Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP), sedang menjalani perawatan di RSUD Andi Makkasau, Parepare dan kondisinya diketahui berangsur membaik. (Thaya)