Memprihatinkan, Sampah Kain Penuhi Pesisir Pantai Wisata Palippis

BALANIPA,- Kawasan pesisir pantai Palippis, di Dusun Tallo, Desa Bala, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar, kembali dipenuhi sampah.

Tumpukan sampah yang didominasi kain bekas, tidak hanya menghampar di permukaan pantai, sepanjang lebih kurang seratus meter, tetapi juga menutupi sejumlah batu karang di permukaan pantai.

Keberadaan tumpukan sampah tersebut, menjadi pemandangan memprihatinkan, apalagi Pantai Palippis, merupakan salah satu destinasi wisata pantai andalan warga di daerah ini.

Salah seorang warga Ahmad menjelaskan, tumpukan sampah tersebut berasal dari sejumlah tempat, yang hanyut terbawa arus, “ Sampah itu terbawa arus, apalagi di depan pantai ada perputaran arus, sehingga sampah yang hanyut akan terbawa ke pantai ini “ jelas Ahmad kepada wartawan Rabu (15/01/20).

Menurut Ahmad, upaya pembersihan telah berulang kali dilakukan, namun seiring berjalannya waktu, kondisi sampah yang terbawa arus ke Pantai Palippis semakin banyak, “ Selalu dibersihkan, tapi keberadaan sampah ini tiap tahun pasti ada, apalagi saat musim angin barat, akan lebih banyak sampah hanyut yang terbawa ke pantai palippis “ jelas Ahmad yang bermukim di Pesisir Pantai Palippis.

Ahmad berharap, pemerintah memberikan perhatian serius agar persoalan sampah di pantai wisata ini dapat teratasi. Apalagi keberadaan tumpukan sampah tersebut tidak hanya menggangu kenyamanan pengunjung, tetapi juga warga yang bermukim di Pesisir Pantai Palippis “ Semoga pemerintah setempat bisa melakukan upaya, apalagi di sini ada pemukiman warga, tumpukan sampah kerap bercampur bangkai kerap menimbulkan bau busuk yang sangat menyengat “ pungkasnya. (Thaya)