Kreatif, Siswa-Siswi SMA Tapango Sulap Daun Kering Jadi Pembungkus Buku

TAPANGO,- Siswa-siswi SMA Negeri 1 Tapango, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar, memiliki cara kreatif , memanfaatkan limbah daun kering yang berguguran di sekitar halaman sekolah.

Mereka menyulap daun kering, menjadi pembungkus sampul buku pelajaran hingga terlihat lebih menarik. Daun kering yang dimanfaatkan juga sembarangan, mulai dari daun pisang hingga daun coklat.

Proses pembuatannya sangat mudah, daun kering yang terkumpul telebih dahulu dibersihkan, kemudian dibentuk dan direkatkan pada bagian sampul depan buku menggunakan lem.

Agar terlihat lebih menarik, setiap buku dapat dibungkus dengan perpaduan beberapa jenis daun, tergantung selera, kemudian diberi lapisan plastik transparant agar bertahan lama.

Guru pembina SMA Negeri 1 Tapango, Risma Syakir mengungkapkan ide pemanfaatan sampah daun menjadi barang bermanfaat,  berawal dari keprihatinan melihat banyaknya daun kering yang berserakan, “ Ide ini sebenarnya, ketika saya melihat alam dan melihat daun kering berserakan, saya terfikir untuk memanfaatkannya dan memancing kreatifitas anak-anak, dan saya sarankan kepada mereka untuk mengambil daun kering tersebut menjadi pembungkus sampul buku “ kata Risma Syakir, kepada wartawan, Jumat (31/01/20).

Menurut Risma, sampul buku yang telah dibungkus menggunakan daun kering, dapat bertahan lama, dan kelak dapat dimanfaatkan menjadi barang yang lebih bernilai tinggi, “ Jika buku yang dibungkus menggunakan daun kering tidak terpakai lagi, nantinya dapat kita gunakan, sebagai bahan membuat kerajinan tangan yang lain dan bernilai, seperti bingkai foto “ jelas Risma.

Pemanfaatan sampah daun kering sebagai pembungkus sampul buku, diakui para Siswa maupun siswi mampu memacu kreatifitas mereka, dan semangat untuk lebih rajin belajar, “ Sangat bagus, karena bisa buat kita lebih kreatif, dan tidak perlu biaya, buku juga terlihat lebih menarik, tidak membosankan dan membuat kita lebih semangat untuk belajar “ ungkap salah seorang murid, Alfira.

Selain sebagai pembungkus sampul buku, sampah daun kering ini juga dapat dimanfaatkan sebagai hiasan casing heandphone hingga assesories kepala, tergantung kreatifitas dan selera masing-masing. (Thaya)