Menu

Sampah Menumpuk Dalam Saluran Air Pasar “Marasa” Wonomulyo, Bau Busuk Menyengat

WONOMULYO,- Tumpukan sampah penuhi saluran air Pasar Marasa, yang terletak di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar. Tidak hanya kerap menyebakan aliran air menjadi tersumbat, tetapi juga menimbulkan bau busuk yang menyengat.

“ Sudah lama sampah itu menumpuk dalam saluran air, entah kenapa belum dibersihkan, baunya sangat busuk dan mengganggu “ keluh salah seorang warga yang enggan menyebut namanya, kepada wartawan, Senin  siang (02/12/19).

Sebelumnya, Kepala Pasar Marasa Wonomulyo, Arif yang dikonfirmasi wartawan mengaku, persoalan sampah di pasar Wonomulyo sulit teratasi karena kurangnya petugas kebersihan, serta sarana penampungan sampah yang tidak memadai, “ Tentunya bisa kita lihat, pasar ini tidak pernah berhenti dari aktifitas, sampah sisa pedagang tidak pernah habis, belum lagi sampah warga setempat yang juga dibuang di sekitar pasar, selama ini kita tidak hanya kekurangan tenaga pembersih tetapi juga kekurangan tempat untuk menampung sampah “ keluhnya.

Pengakuan senada juga diungkapkan salah seorang satgas Pasar Marasa, Yudi, yang selama telah berupaya mengajukan penambahan petugas kebersihan dan armada pengangkut sampah, pada dinas terkait, agar persoalan sampah di pasar marasa ini bisa diatasi, “ Namun nyatanya, permohonan tersebut sampai sekarang belum mendapat respon “ ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Sekcam Wonomulyo Samiaji berharap, warga bisa ikut bertanggung jawab menyelesaikan persoalan sampah di pasar Marasa, “ Kiranya masyarakat juga bisa ikut andil bertanggung jawab, jangan membuang sampah sembarangan, jangan karena telah membayar iuran kebersihan, makanya membuang sampah seenaknya “ katanya melalui pesan pendek.

Namun demikian, Samiaji berjanji akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait, agar persoalan sampah ini bisa segera teratasi, ” Insya Allah saya akan berkoordinasi dengan pimpinan untuk langkah selanjutnya, secepatnya saya akan pimpin anggota untuk melakukan kerja bakti pembersihan sampah “ pungkasnya.

Pada awal bulan Juli lalu, Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar melaunching pasar Marasa (Maju, Rapi, Sehat dan Aman Terhadap Perlindungan Konsumen), yang dianggap telah berubah, karena terlihat lebih bersih dan rapih.

Pada kesempatan tersebut,  Bupati mengimbau kepada satgas dan Satpol PP agar terus bekerja, memberi perhatian dalam memelihara ketertiban pasar. “Saya harap, konsep pasar marasa bisa terus ditingkatkan. Tidak berjalan hanya sebatas untuk kepentingan proyek perubahan saja.  Tentu dengan dukungan semua teman-teman, Pasar Marasa bisa lebih baik, demi Polman yang semakin maju,“ pungkasnya.

Bupati Polman dalam sambutannya berharap konsep Pasar Marasa bisa dipertahankan dan terus berjalan. “Saya mau marasa terus, tertib terus, bersih terus,“ imbuh bupati yang akrab disapa AIM. Untuk diketahui, marasa dalam bahasa Mandar berarti bagus, menarik. (Thaya)

No comments

Tinggalkan Balasan