Menu

Beralih Fungsi, Pasar Baru Luyo Jadi Tempat Membolos

LUYO,- Sejak beberapa bulan terakhir, pasar Baru Luyo, dikeluhkan warga karena beralih fungsi. Hampir setiap hari, pasar yang berada di Desa Baru, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar ini, ramai dimanfaatkan siswa sebagai tempat membolos.

Salah seorang warga, Badar, mengaku selalu mendapati siswa, menghabiskan waktu di kompleks pasar saat jam sekolah masih berlangsung, “ Hampir setiap hari pasti ada siswa yang membolos di sini (kompleks pasar), meski dilarang mereka tetap berdatangan“ katanya kepada wartawan, Sabtu kemarin (30/11/19).

Menurut Badar, pasar yang dibangun pada tahun 2017 ini, hanya berfungsi sebagai tempat jual beli pada hari Jumat saja, saat hari yang lain pasar sepi dari aktifitas warga, “ Makanya para siswa leluasa dan nyaman membolos, selain karena sepi, pasar ini juga tidak memiliki pintu serta penjaga“ ungkapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Desa Baru Samsuddin mengatakan, siswa yang memanfaatkan Pasar Baru Luyo sebagai tempat membolos, berasal dari berbagai wilayah , “ Bukan hanya siswa dari sekitar pasar baru Luyo saja, ada juga siswa dari kecamatan wonomulyo hingga campalagian “ ujarnya melalui sambungan telepon, Minggu (01/12/19).

Diakui Samsuddin, pihaknya telah berulang kali melakukan upaya, mengantisipasi siswa yang kerap memanfaatkan pasar Baru Luyo sebagai tempat membolos, “ Bersama warga, kita telah berulang kali melakukan razia, namun sepertinya tidak memberikan efek jera, malah tidak jarang ada siswa yang memberikan perlawanan ketika terjaring razia “.

Ironis, pasalnya tidak jarang warga mendapati ada siswa yang memanfaatkan Pasar Baru Luyo, sebagai tempat berbuat mesum, “ Tidak hanya sekedar membolos, tidak jarang kami dapati ada siswa yang mabuk lem, hingga berbuat mesum, setelah diamankan kami langsung serahkan pada orang tua masing-masing “ tandas Samsuddin.

Warga bersama pemerintah desa setempat sangat berharap, ada perhatian dari instansi terkait, untuk meningkatkan pengawasan, agar Pasar Baru Luyo, tidak lagi disalahgunakan, sebagai tempat membolos apalagi berbuat mesum. (Thaya)

No comments

Tinggalkan Balasan