Menu

D O B …..

Oleh M Danial

PEMBENTUKAN DOB (Daerah Otonomi Baru). Merupakan impian masyarakat banyak daerah di Indonesia. Kabar terbaru yang diberitakan media mengenai DOB. Moratorium pemekaran masih tetap berlaku. Usulan pemekaran ratusan daerah. Yang terdiri provinsi, kabupaten dan kota. Harus bersabar menunggu pencabutan moratorium. Kebijakan itu dikecualikan untuk daerah Papua.

Dikutip dari detik.news 15 Oktober 2019. Mendagri Tjahyo Kumolo menyatakan. “Pemerintah masih melakukan moratorium pemekaran daerah. Dengan antrean 314 daerah baru. Meski demikian, ada kondisi khusus soal pemekaran di Papua.”
Dari ratusan usulan DOB. Salah satunya pemekaran Kabupaten Polewali Mandar. Untuk pembentukan Kabupaten Balanipa. Persetujuan pemekaran sudah diberikan Pemkab bersama DPRD kabupaten induk. Persetujuan yang sama sudah dikantongi juga dari Pemprov bersama DPRD Sulawesi Barat.

Kabar terbaru mengenai moratorium DOB. Tidak memengaruhi semangat KAPP (Komite Aksi Perjuangan Pembentukan) Balanipa. Untuk terus menggelindingkan desakan moratorium pemekaran segera dicabut. “Kita terus jalan. Soal moratorium, kita akan terus mendesak (kepada pemerintah pusat) segera mencabut kebijakan moratorium,” tegas Ketua KAPP, Mujirin M Yamin.

Calon DOB Balanipa terdiri tujuh kecamatan. Dihuni penduduk sebanyak 222.477 jiwa. Jumlah penduduk tersebut, berdasarkan data agregat kependudukan. Yang menjadi rujukan Pemilu 2019. Berbagai potensi DOB Balanipa. Yang meliputi SDA dan SDM. Sudah tertuang dalam dokumen yang telah diserahkan kepada pemerintah dan DPR-RI.

Bagaimana prospek Balanipa menjadi DOB ? Mujirin menyatakan sangat optimis. Karena itulah, pihaknya tidak pernah lelah melakukan komunikasi dan koordinasi. Dengan berbagai pihak terkait pembentukan DOB. Terus dilakukan juga sosialisasi untuk penguatan semangat semua komponen di wilayah tujuh kecamatan calon DOB. Harapan rakyat yang terus menggelinding. terlihat dalam berbagai bentuk kegiatan. Yang kebanyakan menggeliat secara swadaya.

KAPP Balanipa melakukan juga pembaruan beberapa dokumen persyaratan DOB. Terutama dokumen yang sudah lama diserahkan. Membutuhkan pembaruan data (update) terbaru. Sesuai kondisi terkini. “Dokumen yang sudah lama diserahkan, harus diupdate ulang. Dilakukan pembaruan. Dokumen yang sebelumnya belum lengkap, segera kita lengkapi,” jelas Mujirin, usai pertemuan dengan pejabat Pemkab Polman, di kantor Bupati, Kamis 17 Oktober sore. Pada pertemuan itu, hadir Asisten Pemerintahan dan Kesra Sakinah, dan Asisten Administrasi Umum Kallang Marsuki. “Komitmen Pemkab, berusaha maksimal DOB Balanipa segera terwujud,” kata Kallang.
Pada pertemuan tersebut. Terungkap beberapa dokumen yang perlu dilengkapi untuk DOB Balanipa. Yang meliputi data administratif, teknis, dan data fisik kewilayahan. Pihak Pemkab dan KAPP sepakat. Untuk terus memelihara semangat mempercepat terwujudnya Kabupaten Balanipa. Komitmen yang sama. Diperlukan juga dari para pemangku kepentingan lainnya. Seperti para pimpinan organisasi dan komponen masyarakat Mandar dan Sulbar di ibukota RI.

Sangat penting juga. Komitmen yang disertai konsistensi para wakil rakyat dan wakil daerah Sulawesi Barat yang berkantor di Senayan. Empat anggota DPR RI dan empat anggota DPD RI. Merupakan tempat rakyat menggantungkan harapan. Untuk kehidupan yang lebih baik. Termasuk mempercepat terwujudnya Kabupaten Balanipa. Doa yang dilafalkan setiap warga. Merupakan juga bentuk dukungan. Untuk DOB Balanipa.

No comments

Tinggalkan Balasan