Diduga Akibat Puntung Rokok, Lahan Perkebunan di Tinambung Terbakar

TINAMBUNG ,- Peristiwa kebakaran terjadi di Dusun Layonga, Desa Batulaya, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar, Sabtu siang (14/09/19). Lahan perkebunan seluas satu hektar yang berada di sekitar pemukiman warga, tiba-tiba terbakar, hingga memicu kepanikan.

Berbekal alat seadanya dibantu satu unit mobil pemadam kebakaran dari Kecamatan Tinambung, warga bersama petugas termasuk aparat kepolisian dari Polsek Tinambung, berjibaku untuk memadamkan kobaran api sebelum semakin meluas.

Tiupan angin kencang yang menimbulkan kepulan asap tebal, sempat menyulitkan upaya warga memadamkan kobaran api. Apalagi lahan perkebunan yang terbakar, dipenuhi tanaman dan rerumputan kering akibat kemarau panjang.

Beruntung, tidak butuh waktu lama kobaran api berhasil dipadamkan. Diduga sumber api berasal dari puntung rokok orang tidak bertanggung jawab, yang dibuang di atas rerumputan kering.

“ Kalau kita mengira-ngira, mungkin api bersumber dari puntung rokok yang dibuang sembarangan, karena unsur kesengajaan pembakaran oleh warga saya pikir itu tidak mungkin “  ujar Camat Tinambung Arifin Yambas, yang dikonfirmasi di lokasi perisitwa kebakaran.

Tercatat sejak sebulan terakhir, kebakaran lahan sudah tiga kali terjadi di daerah ini, “ Saya menghimbau kepada warga, untuk selalu berhati-hati apalagi dimusim kemarau seperti sekarang ini “ pungkas Arifin.

Untuk menghindari terjadinya hal tidak diinginkan, selama kebakaran berlangsung, aparat kepolisian dari Polsek Tinambung berupaya mengatur arus lalu lintas di tengah kepulan asap tebal, lantaran lahan yang terbakar tepat berada di sisi Jalan Trans Sulawesi hingga mengakibatkan jarak pandang terganggu. (Thaya)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.