Menu

Warga Patambanua digotong Sejauh 6 Kilometer Demi Berobat

BULO,- Untuk sekian kalinya, video yang menampilkan buruknya akses jalan di Polewali Mandar, Sulbar, yang menjadi kendala warga mendapat pelayanan kesehatan kembali viral di media sosial.

Kisah tersebut kali ini datang dari Dusun Bombang, Desa Patambanua, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar.

Dalam rekaman 4 potongan video pendek dengan durasi total 1:53 detik yang diunggah pengguna facebook bernama Irwan Brow, Selasa, 19 Agustus kemarin, menampilkan sejumlah pria yang berjuang menggotong salah seorang warga melewati jalan terjal dan sungai.

Saat dikonfirmasi, pemilik akun Irwan Brow mengaku, kejadian tersebut diabadikan tepat pada hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, Sabtu 17 Agustus kemarin. Warga yang dipikul menggunakan kain sarung dan batang bambu tersebut diketahui bernama Mudding, “ Itu warga setempat, dia sudah dua minggu terbaring sakit di rumahnya dan harus segera mendapatkan pengobatan di puskesmas pembantu (pustu) terdekat “ ujar Irwan kepada wartawan melalui pesan pendek, Rabu (21/08/19).

Mudding terpaksa dipikul, karena akses jalan menuju pustu sulit dilalui kendaraan karena kondisinya yang rusak parah, “  Karena akses jalan yang kurang bagus untuk dilalui kendaraan, akhirnya Mudding dipikul, rencananya mau dibonceng pakai motor tapi yang bersangkutan sudah tidak sanggup lagi “ kata Irwan yang saat kejadian sedang menggelar kegiatan literasi di dusun Bombang.

Disebutkan Irwan, proses evakuasi Mudding ke Pustu Patambanua untuk mendapat pengobatan yang berjarak sekitar 6 kilometer dari dusun Bombang, membutuhkan waktu selama 2 jam.

Pasca diunggah di media sosial, video beratnya perjuangan warga untuk mendapat pengobatan di hari kemerdekaan, langsung dibagikan banyak orang dan mendapat beragam komentar. Kebanyakan menyoroti masalah pembangunan yang dianggap belum merata disaat Indonesia sudah merayakan kemerdekaan yang ke 74. (Thaya)

 

 

No comments

Tinggalkan Balasan